BISNIS

9 Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang

Teman KelasKita punya salah satu hobi ini? Kalau iya, bisa lho dijadikan sumber penghasilan.

Hampir setiap orang memiliki hobi. Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk membuat hati senang dan pikiran tenang. Sementara kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hobi adalah kata benda yang dapat diartikan sebagai kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan sebagai pekerjaan utama.

 

Selain bisa bikin kita jadi senang, ternyata beberapa hobi juga bisa menghasilkan uang lho, Teman KelasKita. Asyik banget kan kalau bisa mendapatkan uang dari kegiatan yang kita sukai? Sesungguhnya, hampir seluruh hobi jika digeluti dengan serius pasti memiliki potensi atau peluang bisnisnya masing-masing.

 

Nah, berikut ini ada 9 hobi yang jika dilakukan dengan baik bisa menghasilkan uang. Ada apa saja? Coba disimak ya!

 

1. Memasak atau membuat kue

Teman KelasKita ada yang suka memasak? Hobi memasak atau membuat kue ini bisa menghasilkan uang kalau diseriusin lho. Apalagi kalau masakannya enak, berpeluang banget untuk dijual.

 

Misalnya, kamu suka bikin makanan manis seperti dessert atau kue basah. Kamu bisa jualan dessert box atau camilan manis lainnya. Atau kalau jago masak makanan berat juga bisa buka usaha catering makan siang atau catering makanan sehat, misalnya.

 

Untuk langkah awal promosi, kamu bisa bagi-bagi tester makanan ke tetangga, saudara, atau teman untuk di-review di sosial media mereka.

 

Untuk yang ingin usaha berjualan dessert box, bisa ikuti kelas “Cara Membuat Kue Dessert Box Gluten Free” dari Stella Lorenza di KelasKita.

 

2. Memelihara ikan hias

Kamu suka pelihara atau beli ikan hias seperti ikan cupang? Hobi yang ini juga bisa menghasilkan uang lho. Kamu bisa jadi reseller ikan hias atau budidaya ikan sendiri lalu dijual. Saat ini, ada banyak bisnis ikan hias yang jualan melalui sosial media atau e-commerce. Bahkan sekarang juga bisa melayani pengiriman ikan hias sampai luar kota.

 

Kalau kamu punya rencana untuk budidaya dan memulai bisnis ikan hias khususnya ikan cupang, kamu bisa mengikuti kelas “Belajar Budidaya dan Bisnis Ikan Cupang” di KelasKita. Di kelas ini, kamu akan belajar bersama instruktur yang kompeten dan berpengalaman. Kamu akan belajar mulai dari pengenalan, cara budidaya sampai memasarkan ikan hasil panen.

 

3. Fotografi

Memotret momen dan hal-hal menarik lewat lensa kamera tentu jadi hal yang menyenangkan bagi mereka yang punya hobi fotografi. Hobi ini juga bisa kamu jadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Kamu bisa menjadi freelancer fotografer untuk berbagai event, termasuk acara pernikahan.

 

Kalau ingin belajar soal fotografi pernikahan profesional, Teman KelasKita bisa mengikuti kelas “Belajar Teknik Dasar dan Bisnis Wedding Photography untuk Menjadi Pengusaha Fotografi Pernikahan Profesional” bersama fotografer profesiona, Arthur Krishnawarman.

 

 

4. Makeup

Teman KelasKita suka dan punya bakat makeup wajah? Kalau iya, hal ini bisa banget dijadikan kegiatan usaha yang menguntungkan. Pasalnya saat ini jasa makeup artist alias MUA banyak digunakan di berbagai kesempatan, seperti acara wisuda, pernikahan, lamaran, photoshoot, dan lainnya.

 

Jadi, kalau Teman KelasKita memang menyukai bidang ini, jangan ragu-ragu untuk mendalaminya. Bisa belajar dari tutorial-turial di Youtube, atau kalau ingin lebih pro lagi, langsung saja ikuti kelas “Belajar Makeup Profesional: Natural Glam Makeup” di Kelaskita.

 

5. Menulis

Memiliki hobi menulis juga bisa menghasilkan. Selain bisa dijadikan sebagai pekerjaan profesional penuh waktu, kita juga bisa menjadi penulis paruh waktu atau freelancer. Ada banyak sekali pekerjaan untuk para pecinta dunia tulis-menulis, misalnya menjadi content writer, jurnalis, penulis buku, blogger, dan lain sebagainya.

 

6. Memelihara tanaman hias

Sejak pandemi, tren tanaman hias terus menanjak. Semakin banyak penggemar tanaman hias yang rela berburu kesana kemari dan membayar mahal untuk membeli tanaman hias incaran mereka.

 

Nah, ini jadi potensi bisnis buat kita yang memang hobi mengoleksi dan merawat tanaman hias. Dengan mengoleksi dan membudidayakan tanaman hias, kita bisa menjualnya secara online baik melalui media sosial ataupun market place.

 

Kamu bisa mengikuti kelas “Cara Bisnis Tanaman Hias Aroid dari Noldy Topan Meraih Omzet Miliaran” di KelasKita.

 

7. Menggambar, ilustrasi, dan desain

Teman KelasKita suka bikin ilustrasi, komik, atau mendesain apapun? Hobi ini sangat berpotensi untuk menghasilkan uang lho. Kita bisa membuka jasa desain, baik desain logo, materi promosi, packaging, produk, atau karya ilustrasi lainnya. Selain itu, kita juga bisa menawarkan jasa desain atau gambarnya melalui sosial media dan juga e-commerce. 

 

Untuk media promosinya, kamu bisa mengunggah karya-karya kamu di Instagram sebagai portofolio. Jadi orang-orang bisa langsung melihat karya desain dan mencocokkan dengan preferensi mereka.

 

Kalau tertarik, Teman KelasKita bisa mengikuti kelas “Belajar Membuat Ilustrasi Komik dari Komikazer” atau “Belajar Melukis Cat Air Bersama Emte” untuk mendalami bidang ini.

 

8. Menjahit

Punya hobi jahit jelas sangat bisa menghasilkan uang. Mulai dari menerima jasa jahit dan permak baju, kebaya, dress dan pakaian lainnya. Atau kamu juga bisa membuat sendiri baju untuk dijual. Misalnya daster, pakaian rumahan, baju pesta, dan lainnya sesuai dengan minat dan kemampuan menjahitmu.

 

Kamu juga bisa membuat masker kain. Mengingat saat ini masker sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari peluang terjualnya pasti ada. Terlebih kalau kamu bisa membuat desain masker yang unik dan nyaman digunakan. Dengan promosi yang tepat, pasti bisa menghasilkan uang.

 

9. Nail art

Selain di kanvas, tembok, kertas, atau kayu, melukis juga bisa di kuku, atau yang lebih dikenal dengan istilah nail art. Karena sifatnya yang mempercantik penampilan kuku dan tangan, tidak heran kalau banyak peminat nail art ini yang ingin kukunya dihias.

 

Tren ini bisa jadi peluang untuk kamu yang punya hobi menghias atau melukis di atas kuku, dan bisa jadi bisnis yang menghasilkan uang. Enaknya lagi, usaha ini bisa kita mulai dari rumah ke rumah tanpa harus membuka salon kuku terlebih dahulu.

 

 

Nah, itulah 9 hobi menyenangkan yang bisa menghasilkan uang. Apakah hobi kamu salah satunya? Ketika hobi menjadi bisnis, kamu perlu belajar untuk terus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri. 

 

Nah, kamu bisa belajar pengembangan diri ini dengan belajar di KelasKita. Ada banyak kelas yang bisa mendukung hobi kamu agar bisa menghasilkan uang. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi kelaskita.com!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

247
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.