Komikazer

Komikus

Muhammad Reza Mustar, atau biasa dipanggil Azer, adalah seorang seniman visual yang fokus di bidang komik dan ilustrasi. Sejak masa kuliah, lulusan Institut Kesenian Jakarta ini aktif membuat komik strip, dan sering bekerjasama membuat ilustrasi untuk band-band independen lokal.

 

Pada 2004, ia membuat komik bersama ruangrupa untuk merespon beberapa ruang kosong di halte Trans Jakarta. Kemudian pada 2015 Azer diundang untuk mengikuti Asia Pacific Writers & Translators Festival di Manila dan Ubud Writers & Readers Festival 2015 di Bali.

 

Sempat menjadi desainer grafis serta ilustrator di beberapa media cetak, saat ini Azer banyak memanfaatkan social media, seperti Instagram, sebagai medium untuk berkarya dan memamerkan komik-komiknya. Karya-karyanya bisa dilihat di akun instagram @komikazer.

Tuhu Nugraha

Digital Business Consultant

Tuhu Nugraha merupakan seorang trainer dan dosen tamu, dengan lebih dari 1000 jam pelatihan dan pengajaran kelas dengan topik transformasi digital, pemasaran digital, dan media sosial. Pernah melakukan training ke perusahaan besar seperti Telkom Indonesia, Liputan 6, Kompas Gramedia Group, Danone Aqua, dan lain-lain. Sejauh ini Tuhu Nugraha telah mengisi kuliah tamu di MBA UGM, MM UI, SBM ITB, PPM Manajemen, IPB, Ciputra University, FEB UI, Universitas Brawijaya, Universitas Esa Unggul, Universitas Budi Luhur.

 

Ia juga telah menjadi penasihat dan pelaksana kampanye digital terintegrasi untuk lebih dari 100 merek dari berbagai industri seperti perbankan, FMCG, Farmasi, fashion, kecantikan, otomotif, ritel, start-up digital, proyek sosial.

Sistya Windasari

Instruktur Olahraga

Sistya Windasari merupakan seorang instruktur olahraga dan fitness influencer yang sudah berkarir di dunia olahraga selama 5 tahun terakhir dan mengantongi sertifikasi international seperti Certified Aerobic (2015), Certified Piloxing (2015), Certified Personal Trainer APKI (2015), Certified PoundFit (2016), Certified Zumba (2016), Certified Level Up Poundfit (2019), Ceritified Barre Intensity (2020), dan Certified Zumba Kids (2020).

 

Saat ini, Sistya dipercaya untuk menjalankan program Coorporate Wellness beberapa perusahaan besar di Indonesia seperti Shopee, BRI, Astellas, Pertamina, BTN, dan masih banyak lagi. Selain sebagai founder of Fitsquad Community Indonesia, Sistya juga menggelola beberapa event besar di Indonesia seperti GOIFEX dan FITTUAL FEST.

Talia Subandrio

Pro Visual Media Make Up Artist

Talia Subandrio adalah seorang professional makeup artist dan dosen Artistic Makeup di LaSalle College International Jakarta. Dia berpengalaman sebagai pemimpin tim dan penata rias utama untuk departemen tata rias dan rambut dibanyak proyek untuk iklan komersial, film, seri film, kampanye merek fashion, editorial, fashion show, dan video musik. Talia juga menangani banyak klien selebriti dan tata rias pengantin.

 

Sebagai seniman, Talia memilih makeup sebagai media berkreasi, dan ia selalu menaruh kedalaman emosi dan jiwa dalam karyanya. Satu prestasi yang paling membanggakan adalah saat ia memenangkan PIALA MAYA 2019 dari karya terbarunya film “IMPERFECT” untuk kategori “Pemenang Tata Rias Wajah & Rambut Terpilih” dan juga menjadi salah satu dari nominasi “Penata Rias Terbaik” Piala Citra FFI 2020.

Audrio Susanto

CEO of Aye & Co

Audrio Susanto adalah seorang pengusaha di industri kreatif yang berfokus di bidang fashion. Bersama partnernya, Audrio membentuk sebuah clothing brand bernama AYE DENIM yang sekarang dikenal dengan nama AYE & CO.

 

Produk AYE & CO sudah tersebar luas dan dipakai berbagai kalangan mulai dari mahasiswa hingga Presiden Republik Indonesia. Brand ini juga sudah berkolaborasi dengan beberapa brand internasional seperti Disney dan Smiley.

 

Menjadikan AYE & CO sebagai brand yang berkelanjutan dan berdampak besar bagi kalangan anak muda, serta turut berkontribusi dalam perkembangan ekonomi kreatif Indonesia adalah target Audrio saat ini.

Emte

Ilustrator

Mohammad Taufiq alias Emte adalah seorang ilustrator, desainer grafis, juga seniman yang aktif berkarya dengan berbagai eksplorasi medium. Dia juga aktif terlibat dalam berbagai proyek komersil dan kesenian, baik secara kolektif maupun personal.

 

Emte dikenal banyak berkarya menggunakan watercolor atau cat air, dan karya-karyanya telah menghiasi berbagai halaman media lifestyle, juga berkolaborasi dengan banyak brand seperti The Body Shop, Giordano, Manzone, Adidas, Frank & co jewellry, dan Rekarekat puzzles.

 

Pada November 2018 dia merilis komik tanpa dialog berjudul "Gugug!" yang menceritakan petualangan seekor anjing dengan berbagai karakter orang yang ditemuinya dan berbagai cerita yang terjadi, sambil menjelajahi dan mengeksplorasi kehidupan dan seluk-beluk perkotaan. Saat ini Emte sedang berkutat dengan IP management dan project animasi untuk "Gugug!".

Natasha Lucas

Food Stylist and Photographer

Natasha Victoria Lucas merupakan seorang Food Photographer & Stylist, juga Social Media Content Creator yang sudah berkarir di dunia F&B sejak tahun 2012. Berawal mula dari Food Blogging di websitenya www.YummyTraveler.com pada 2010, Natasha terus mengeksplorasi passion-nya di dunia kuliner hingga saat ini. Beberapa brand ternama seperti Union Group, Akira Back Jakarta, Sour Sally, Dapur Cokelat, Four Seasons Hotel hingga TV commercial seperti Appeton, pernah menjadi kliennya. Natasha juga pernah membawakan acara TV kuliner yaitu 'Yummy Traveler' di Foodie Channel pada tahun 2015. Natasha juga menerbitkan 2 buku kulinernya yaitu Top Tables dan menjadi Recipe Contributor di majalah Cosmopolitan dan Femina Indonesia.

Maya Nabila

Instruktur Yoga

Perkenalan dan ketertarikannya pada yoga dimulai pada 2010 silam. Sejak saat itu, Maya Nabila tekun mendalami yoga hingga akhirnya menjadi seorang instruktur yoga profesional pada 2018.

 

Maya memiliki sertifikat RYTS (Registered Yoga Teacher - Specialist) 300 Jam Markandeya Yoga Indonesia, RYTS Yogalogy Theraphy (Yoga Health Theraphy Specialist Training) 50 Jam Markandeya Yoga Indonesia, dan RYT Hatha Yoga Teacher Training 50 Jam Purinawa Yoga.

 

Saat ini, ia telah dipercaya untuk menjadi instruktur yoga di banyak tempat seperti Anytime Fitness Bintaro, SKYE, Yogalogy Festival Yoga Markandeya Sidoarjo, Yogalogy Festival Yoga Markandeya Jakarta, Yogalogy Festival Yoga Markandeya Tasik, dan juga aktif mengajar kelas privat Yoga di Jakarta

Moms Betta

Penghobi Ikan Cupang

Karla Natalia alias Moms Betta adalah seorang penghobi, breeder, dan seller ikan cupang hias. Sejak tahun 2017 Moms Betta aktif mengikuti dan memenangkan berbagai kontes ikan cupang hias baik lokal maupun internasional. Pada tahun 2020, Moms Betta sukses memenangkan Best of Division di Gianyar, Bali. Selain aktif mengikuti kontes, Moms Betta juga aktif dalam pembudidayaan cupang dan sering diundang untuk menjadi narasumber dalam seminar yang berkaitan dengan ikan cupang.

Isser James

Content Creator

Isser Whitey James, adalah seorang reviewer/ content creator yang fokus membahas sneakers di platform social media dan youtube. Akun youtube-nya, “Badass 23 Monkey”, memiliki puluhan ribu subscriber dan aktif hingga saat ini.

 

Badass Monkey adalah nama dari toko yang dia dirikan buah ketertarikannya pada sneakers sejak lama. Tidak sebatas sepatu, toko ini menjual menjual barang-barang streetwear premium berkualitas, mulai dari Nike, Adidas, Vans, Anti Social Social Club, BAPE, hingga Supreme.

 

Menjadi seorang sneakers enthusiast, pemilik toko, pembuat konten, reviewer membuatnya bisa bekerja sama dengan beberapa brand ternama, dan tentunya memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

Mikha Tambayong

Partner Kelaskita

Maudy Mikha Maria Tambayong alias Mikha Tambayong adalah seorang artis multitalenta. Perempuan, kelahiran Jakarta, 15 September 1994, ini dikenal sebagai seorang penyanyi dan aktris film layar lebar.

 

Sibuk bekerja di dunia entertainment tak membuat Mikha Tambayong melupakan pendidikan. Selepas menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan pada 2017 lalu, pada tahun 2019 ia dinyatakan lolos untuk melanjutkan pendidikan program pascasarjana (S2) dan berhak mengikuti program internasional di Harvard University.

 

Mikha juga belajar menjadi pengusaha dengan merintis bisnisnya sendiri. Dia mendirikan Sisters Beauty Studio dan sejak Maret 2020 mendirikan kantor pengacara “Sister & Co. Advocacy” untuk mendukung kesehatan dan pendidikan perempuan.

Era Soekamto

Fashion Designer

Era Soekamto, perempuan kelahiran Lombok, 3 Mei 1976 ini dikenal sebagai perancang busana batik dan kebaya. Sejak kecil Era dibesarkan oleh keluarga yang mencintai budaya dan kain Indonesia. Ibunya adalah ibu rumah tangga yang mengoleksi kain dan sering menuturkan makna setiap kain yang tersimpan dalam lemarinya. Kini, Era menjadi sosok yang peduli, konsisten, dan melestarikan warisan budaya Indonesia, terutama budaya Jawa. Baginya, batik dan kebaya bukan hanya komoditas, tapi juga simbol perjuangan.

 

Era Soekamto menempuh pendidikannya di LaSalle College of the Arts, yang merupakan institusi seni dan desain pasca-sekolah menengah publik di Singapura. Setelah lulus, ia berkesempatan untuk mengajar di LaSalle College Jakarta, sebagai pengajar fashion design selama 9 tahun. Tak lama kemudian ia menjadi program director dan pengajar di Indonesia International Fashion institute pdaa tahun 2006-2008. Tak berhenti di sana, Era menjadi fashion designer dan creative director di PT Urban Crew Indonesia pada tahun 1997. Pada tahun 2012 ia dipercaya untuk menjadi Direktur Kreatif Iwan Tirta Private Collection.

 

Karya-karya telah Era buat berhasil meraih berbagai penghargaan, di antaranya adalah Runner Up Indonesia Young Designer Contest (Jakarta), Runner Up Asian Young Designer Contest (Singapore), dan Best Up-coming Designer by A+ Magazine.

Mira Prihatini

Interior Designer

Mira Prihatini adalah seorang desainer interior profesional. Lulusan Desain Interior Institut Teknologi Bandung ini telah mengerjakan berbagai proyek komersial sepanjang karirnya. Beberapa di antaranya adalah G House Pasar Minggu Residence, American Californian House di Permata Hijau Jakarta, Four Season Unit Apartment, Darmo Harapan Regency Residence Surabaya, Knowledge Initiative Sector (KSI) Australia Office di Ratu Plaza Jakarta, Hanoi Foodcourt di Hanoi, hingga Nuskin Beauty Clinic di Sudirman Jakarta.

 

Dari banyaknya proyek komersial yang telah ia kerjakan, Mira dikenal sebagai spesialis desain interior American style. Desainnya memiliki kekuatan kecocokan warna, modern glamour dan bergaya eklektik.

 

Mira juga aktif berkontribusi pada kegiatan-kegiatan interior desain nasional maupun internasional. Seperti menjadi steering committee pada kongres Asia-Pacific Space Designers Association, menjadi ketua pada kompetisi ruang gelaran Commonwealth Bank, berkontribusi dalam Designer Showcase Casa Indonesia 2017, Mozaik Indonesia Exhibitions 2016 JCC, dan berpartisipasi di pameran dan seminar “Pasar Desain”. Selain itu, Mira juga tergabung dalam HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia).

 

Sejak tahun 2012 hingga saat ini, Mira fokus menjalankan dan mengembangkan bisnisnya sendiri pada bidang interior desain, yaitu Mira & Associates.

Aqsa Sutan Aswar

Atlet Jetski

Aqsa Sutan Aswar adalah atlet jetski nasional Indonesia. Lahir di Jakarta, 31 Desember 1997, Aqsa sudah mengenal olahraga jetski dari ayahnya sejak usia empat tahun. Saat itu, Aqsa kecil sering diajak bermain-main di laut untuk berkenalan dengan olahraga air ini.

 

Di usia yang terbilang cukup muda, Aqsa berhasil meraih juara pertama di dua kategori Pro Runabout Limited dan Expert Runabout Limited dalam kejuaraan jetski Canadian Watercross Nationals di Belle River, Ontario, Kanada pada 17 Juli 2011 silam. Aqsa juga menyumbang medali emas dari cabang olah raga Jetski bagi Indonesia dalam ajang bergengsi Asian Games 2018.

Nazla Alifa Senia

Content Creator

Nazla Alifa adalah pembuat konten fesyen, kecantikan, dan gaya hidup yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Dengan 300 ribu lebih pengikut di Instagram, ia memenuhi platform media sosialnya dengan konten yang berkaitan dengan produk fesyen, kecantikan, traveling, dan bahkan makanan. Berkat pilihan style dan inspirasinya, ia telah berkolaborasi dengan beberapa brand yang mengesankan seperti Louis Vuitton, Marc Jacobs, Dior, YSL, Michael Kors, Coach, MiuMiu, Loewe, Gucci, Longchamp, Burberry, dan banyak lagi.

 

Lahir di Jakarta, Nazla Alifa selalu memperhatikan tren fesyen sejak kecil. Dia adalah seorang perintis gerakan pembuat konten gaya hidup, yang meliputi fashion traveling dan inspirasi fashion hariannya. Selama 6 tahun terakhir, dia telah mengembangkan style pribadi yang up-to-date dan fleksibel sehingga orang dapat memahami style-nya. Melalui instagram dan youtube-nya, ia membagikan semua pengalamannya, terutama kecintaannya pada traveling, fashion, dan makanan.

Noldy Topan

Pengusaha Tanaman Hias

Noldy Topan Mahie dikenal sebagai pecinta tanaman hias, khususnya Aroid. Kecintaannya pada tanaman berawal dari orang tuanya yang memiliki banyak tanaman hias di rumah. Sejak tahun 2000 Pak Noldy mulai merawat beberapa tanamannya sendiri, hingga kini ia telah memiliki bisnis jual-beli tanaman hias.

Tak hanya memiliki pelanggan di Indonesia, Pak Noldy telah menjual tanamannya hingga ke luar negeri. Artis-artis ibu kota pun datang untuk ke kebunnya untuk membeli tanaman. Dengan koleksi tanamannya yang dahsyat, berbagai kontes tanaman telah dia menangkan. Salah satunya, adalah tanaman Monstera Mint miliknya yang meraih gelar Best in Show pada kontes Aroid Nasional.