FOTOGRAFI

Macam-Macam Tipe Foto Produk untuk Berjualan Online

Ada apa saja jenis-jenis foto produk? Wajib tau buat Teman KelasKita yang ingin berjualan online.

Dalam konteks bisnis online, foto produk adalah foto yang diambil dan digunakan di sebuah website, e-commerce, atau media sosial untuk mendorong penjualan produk. Foto produk inilah yang kemudian akan bisa menarik konsumen untuk melakukan aksi yang diinginkan: pembelian.

 

Kenapa foto produk penting? Pertama, foto produk yang berkualitas bisa memberi kesan pertama yang baik kepada calon pembeli. Kedua, foto produk yang berkualitas bisa mencerminkan kualitas brand kita. Terakhir dan yang terpenting, bisa mempengaruhi keputusan pembelian.

 

Kalau Teman KelasKita ingin mengetahui tips dan cara membuat foto produk yang berkualitas untuk memaksimalkan penjualan online, bisa baca di artikel “Cara Membuat Foto Produk Berkualitas untuk Jualan Online agar Menarik Calon Pembeli”.

 

Namun sebelumnya, alangkah baiknya kalau Teman KelasKita mengetahui dulu beberapa jenis foto produk beserta kegunaannya. Coba disimak ya!

 

1. Individual shots

Individual shots adalah foto produk yang hanya menampilkan satu produk dalam satu frame. Biasanya, foto ini digunakan di katalog produk, banner image, dan halaman produk untuk menunjukkan satu produk secara jelas dari keseluruhan koleksi yang ada.

 

2. Group shots

Group shots adalah foto produk yang menampilkan lebih dari satu produk dalam sebuah frame. Jenis foto ini bisa digunakan untuk menampilkan produk paket atau menunjukkan varian produk. Misalnya, varian minuman dengan berbagai rasa, makanan dengan berbagai ukuran yang berbeda, atau mungkin satu paket produk.

 

3. Lifestyle shots

Praktik lifestyle shots yang paling umum adalah menunjukkan suatu produk ketika dipakai atau digunakan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya, agar calon pembeli punya gambaran seperti apa ketika produk digunakan. Untuk hal ini biasa menggunakan model.

 

Selain itu, lifestyle shot juga bisa berupa foto artistik, misalnya seperti flat lay photography, yaitu menyusun produk di permukaan datar dan memberi properti pendukung agar produk terlihat menarik. 

 

4. Scale shots

Foto scale shot dibuat bertujuan untuk memudahkan pembeli memperkirakan dimensi atau ukuran produkyang dijual. Biasanya dengan menyandingkan produk yang kita jual dengan benda lain yang umum dalam kehidupan sehari-hari, seperti korek api atau koin.

 

5. Detailed shots

Beberapa produk memerlukan detailed shots untuk menunjukkan detail-detail yang dimilikinya. Misalnya, produk-produk perhiasan. Jenis foto produk ini juga memerlukan pengaturan pencahayaan dan perlengkapankamera yang sedikit berbeda, seperti lensa makro, misalnya.

 

6. Packaging shots

Ini adalah foto yang menunjukkan kemasan/ packaging dari produk yang dijual. Harus disadari, kalau kemasan yang menarik juga bisa mmempengaruhi pembeli untuk membeli produk kamu. Biasanya di foto jenis ini, produk dan kemasannya ditempatkan dalam satu frame yang sama. 

 

 

Itu dia beberapa jenis foto produk yang perlu kamu ketahui jika ingin berjualan online. Semoga info ini bisa bermanfaat ya, Teman KelasKita. (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

241
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.