FOTOGRAFI

Cara Membuat Foto Produk Berkualitas untuk Jualan Online agar Menarik Calon Pembeli

Karena foto produk yang menarik akan bisa menaikkan omzet jualan online kita.

Dalam berjualan online, foto produk sangatlah penting dan menentukan keberhasilan penjualan. Selain membandingkan harga, calon pembeli juga biasanya akan membandingkan foto produk dan melihat reviewsaat akan berbelanja. Foto inilah yang bisa mempengaruhi minat beli calon konsumen kita. 

 

Selain memberi kesan pertama yang baik kepada calon pembeli, foto produk yang berkualitas bisa mencerminkan kualitas brand dan tentunya menjadi bagian penting dalam keputusan pembelian. 

 

Nah, bagaimana cara menghasilkan foto produk yang berkualitas? Berikut ini ada 6 tips foto produk yang bisa kamu coba dalam menghasilkan foto produk yang baik dan menarik perhatian calon pembeli.

 

1. Atur background

Pilihlah warna background yang tepat. Usahakan cenderung polos dan jangan terlalu ramai. Selain hasilnya akan lebih fokus ke produk, juga memudahkan kita ketika melakukan proses editing. Sebagai referensi, kitabisa menggunakan background putih, warna terang polos lainnya yang sesuai dengan tema produknya. 

 

2. Atur tata letak produk

Kita harus menata produk kita sedemikian rupa untuk memastikan produk yang akan kita foto mendapat pencahayaan, posisi, dan angle yang tepat. Usahakan posisi produk berada di tengah dan di atas permukaan yang datar atau stabil. 

 

KIta juga bisa menambahkan properti pendukung lainnya agar produk terlihat lebih menarik, tapi ingat, jangan sampai berlebihan agar pembeli tetap fokus ke produk kamu.

 

3. Atur pencahayaan

Pencahayaan merupakan faktor penting dalam menghasilkan foto produk yang baik. Pada umumnya, pencahayaan ini bisa kita dapatkan dari dua sumber utama, yaitu cahaya alami dari matahari atau cahaya buatan dari lampu.

 

Jika mengandalkan sinar matahari, lakukan foto produk di luar ruangan di waktu pagi atau sore hari, atau di area yang banyak mendapat cahaya matahari seperti dekat jendela, jika kita memotretnya di dalam ruangan.

 

Selain itu, kita juga bisa menggunakan lampu studio atau lampu softbox yang saat ini sudah banyak dijual di marketplace dengan berbagai jenis sesuai kebutuhan.

 

4. Ambil foto dari berbagai angle

Selalu ambil foto dari berbagai sudut, jarak, dan posisi yang berbeda-beda. Jangan ragu untuk mengambil foto dalam jumlah yang banyak, agar kita memiliki pilihan untuk mendapatkan angle terbaik. 

 

5. Gunakan tripod

Agar hasil foto lebih berkualitas dan konsisten, sebaiknya kita menggunakan tripod. Tripod ini akan bantu menjaga kestabilan kamera dari getaran tangan sehingga meminimalisir hasil foto yang blur.

 

6. Edit foto agar terlihat lebih menarik

Tahapan akhir dari foto produk ini adalah proses editing foto. Di tahap ini, kita bisa mengoreksi warna, melakukan cropping, menghapus objek yang nggak diinginkan, dan menyesuaikan pencahayaan. Tujuannya adalah agar setiap foto memiliki kualitas, pencahayaan, dan posisi yang konsisten.

 

Nah, itu dia beberapa tips cara menghasilkan foto produk berkualitas yang bisa dilakukan. Selamat mencoba dan semoga sukses bisnis online-nya ya, Teman KelasKita! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

36
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.