KECANTIKAN

Cobain 10 Langkah Mudah Makeup Natural Anti Gagal!

Kamu yang mengaku nggak jago makeup tapi mau sesekali nyobain memakai riasan wajah, gaya makeup natural bisa jadi cocok buat kamu. Mau tahu bagaimana cara mudahnya? Pas nih, lanjut baca sampai habis ya!

Perempuan dan makeup ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Keberadaan keduanya saling memiliki keterikatan yang erat antara satu dengan yang lainnya. Dari banyak jenis dan teknik makeup yang berkembang, mari memaknai makeup sebagai saluran untuk mengekspresikan dan mengapresiasi diri dengan tampilan yang membuat kita merasa bahagia. Karena pada dasarnya makeup adalah sebuah seni menghias wajah, yang penilaian bagus atau tidaknya kembali kepada selera mereka yang menilai. Tapi, kalau berbicara soal makeup natural, siapapun pasti satu suara, gaya makeup yang satu ini cocok banget buat remaja dan juga buat tampilan sehari-hari.

Makeup natural

Apa itu gaya makeup natural? Makeup natural, atau istilah kerennya no-makeup makeup merupakan salah satu tipe riasan yang membuat wajah kita terlihat cantik dan segar namun seperti tidak sedang menggunakan makeup. Riasan tipe ini biasanya mengacu pada gaya perempuan Korea, yang seringkali mengaplikasikan makeup lebih sheer atau tipis. Inti dari makeup natural adalah membuat kulit wajah terlihat lebih sehat sehingga tampil lebih fresh dan flawless.
 

Untuk mencoba membuat makeup natural, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:
 

  1. Bersihkan wajah

    Sebelum memulai untuk makeup, kamu harus pastikan wajah kamu dalam keadaan bersih. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah seperti micellar water untuk menghilangkan debu dan kotoran di kulit wajah, setelah itu gunakan facial wash dan bilas sampai bersih. Wajah yang bersih adalah “kanvas” terbaik sebelum kamu memulai “melukis” dengan makeup.

     
  2. Gunakan pelembab

    Setelah wajah bersih, langkah selanjutnya adalah menggunakan pelembab atau moisturizer. Wajah yang lembab membuat tampilan makeup kamu menjadi lebih baik dan terhindar dari kesan kulit kering. Kelembaban ini juga bisa membantu makeup kamu lebih menempel dan bertahan lebih lama. Namun, pastikan kamu tidak mengaplikasikan terlalu banyak pelembab. Karena hal ini bisa membuat kulit wajah kamu justru terlihat berminyak. Tunggulah sampai pelembab kamu benar-benar menyerap sebelum lanjut ke langkah berikutnya.

     
  3. Gunakan cushion atau BB cream

    Kamu bisa memilih untuk memakai cushion atau BB cream sebagai dasar atau base makeup. Dua tipe produk ini jadi rekomendasi untuk mendapatkan tampilan yang lebih natural. Daripada kamu menggunakan full coverage foundation yang biasanya akan membuat makeup kamu terlihat lebih tebal. Perhatikan shade yang kamu pilih, pastikan sesuai dengan warna kulit kamu ya! Cushion atau BB cream dengan shade yang terlalu terang atau gelap, bisa membuat kulit kamu terlihat abu-abu.

     
  4. Gunakan bedak tabur

    Langkah selanjutnya untuk mendapatkan tampilan makeup natural adalah dengan mengaplikasikan bedak tabur. Setelah pemakaian base makeup, aplikasikan bedak tabur dengan menggunakan brush pada wajah. Mengeset wajah dengan bedak tabur dinilai cukup penting, mengingat iklim tropis negara kita yang biasanya membuat wajah menjadi lebih mudah berminyak. Selain itu, bedak tabur ini memberikan efek yang lebih natural dan ringan pada tampilan makeup secara keseluruhan.

     
  5. Bentuk alis dengan natural

    Teknik membuat bentuk alis pada setiap orang berbeda. Namun, untuk tampilan makeup natural, kamu diharuskan untuk membentuk alis dengan lebih halus, lurus dan cenderung datar. Rapikan alis terlebih dahulu dengan menggunakan brush lalu secara perlahan mulailah untuk membuat garis alis dari arah pinggir. Isi bagian yang kosong dan bentuk agar terlihat lebih merata. Pilih warna alis bernuansa hitam-keabuan atau kecoklatan untuk kesan lebih alami.

     
  6. Gunakan eyeshadow warna kecoklatan

    Pilihlah eyeshadow dengan varian warna kecoklatan atau nude untuk tampilan natural. Gunakan tidak lebih dari dua warna gradasi yang senada. Poles warna yang lebih muda sebagai dasar di seluruh bagian kelopak mata. Kemudian sapukan warna yang lebih gelap di sudut terluar. Untuk tampilan lebih cute, kamu bisa menambahkan sentuhan glitter bernuansa beige.

     
  7. Aplikasikan eyeliner tipis

    Tambahkan eyeliner tipis persis di garis mata dan bentuk melengkung pada ujungnya. Hindari membentuk wing atau cat eye agar didapatkan tampilan lebih natural. Kamu bisa menggunakan eyeliner jenis spidol dengan ujung tipis dan lancip. 

     
  8. Bulu mata lentik dengan maskara

    Jepit bulu mata dengan penjepit bulu mata lalu aplikasikan maskara agar bulu mata tampil lebih lentik. Hati-hati saat mengaplikasikannya, sapukan perlahan dan hindari bagian dalam mata.

     
  9. Gunakan perona pipi atau blush on

    Pilih perona pipi dengan warna soft orange, peach atau pink untuk mendapatkan tampilan makeup natural serta wajah yang segar. Aplikasikan secara tipis di bagian tulang pipi dan sedikit melewati bagian hidung.

     
  10. Pilih pakai liptint 

    Menggunakan liptint adalah sentuhan pamungkas yang kamu perlukan untuk menyempurnakan tampilan makeup natural. Daripada menggunakan lipcream atau lipstik, liptint ini akan membuat nuansa bibir sehat natural lebih kentara. Pastikan kamu memilih warna-warna soft, seperti pink, nude atau oranye.

     

Makin tertarik kan untuk mencoba gaya makeup natural? Perlu diingat, selalu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kamu ya! Produk tertentu yang cocok di orang lain, bisa jadi memberikan efek berbeda di kamu. Jadi, jangan sampai salah pilih! 

Jika kamu ingin belajar makeup profesional dan bercita-cita ingin menjadi seorang makeup artist, kamu bisa mendapatkan pembelajarannya di kelas Belajar Makeup Profesional: Natural Glam Makeup di KelasKita.

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

122
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.