OLAHRAGA

Catat 5 Rekomendasi Matras Yoga dengan Harga Terbaik

Kami akan memberikan kamu 5 rekomendasi matras yoga dengan harga terbaik. Matras menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki ketika melakukan yoga. Bukan hanya untuk kenyamanan tapi juga demi keselamatan karena akan mengurangi risiko cedera.

Dahulu, orang-orang melakukan yoga bisa saja tanpa alas atau matras. Namun saat ini, matras menjadi salah satu faktor penting yang harus dimiliki jika ingin berolahraga yoga. Karena selain sebagai alas, matras ini juga bermanfaat sebagai pelindung tubuh dari resiko cedera, terutama bagian lutut. Beberapa posisi atau gerakan yoga, akan lebih nyaman bila dilakukan di atas matras. Nah, untuk mengetahui matras yoga apa yang terbaik, simak ulasan berikut ini ya!

Pemilihan matras yoga

Dalam KBBI matras adalah kasur tebal dan padat yang diisi dengan kapuk (sabut kelapa dan sebagainya) untuk alas tempat tidur; bolsak; kasur karet busa. Matras didefinisikan juga sebagai alas lantai untuk olahraga loncat dan sebagainya. Ada beberapa hal yang mesti kamu pertimbangkan saat akan membeli matras yoga, di antaranya adalah:
 

  1. Material pilihan

    Material atau bahan pembentuk matras menjadi faktor utama dalam menentukan apakah matras tersebut akan nyaman digunakan atau tidak. Biasanya matras yoga terbuat dari PVC karena sifatnya yang cenderung lebih kesat. Namun, akan lebih nyaman jika menggunakan bahan TPE atau Thermoplastic Elastomer yaitu kombinasi material plastik dengan karet polimer yang dapat di daur ulang. Material yang kesat ini berguna untuk menghindari matras bergeser saat digunakan dan mengurangi risiko tergelincir. Selain itu ada juga matras yang terbuat dari NBR atau Nitrile Butadiene Rubber, jenis karet dengan proses polimerisasi emulsi suhu rendah yang memiliki daya tahan tinggi terhadap gesekan. Selain itu ada matras berbahan PU atau Polyurethane dan karet alami.

     
  2. Tingkat ketebalan

    Tingkat ketebalan sebuah matras yoga bervariasi mulai 1mm (1cm) hingga 15mm (1.5cm). Untuk matras yang lebih tebal biasanya dipakai saat pilates, sementara yang lebih tipis, adalah matras untuk yoga yang lebih mudah dibawa kemana pun. Pemilihan matras juga harus disesuaikan dengan tempat melakukan yoga, apakah di dalam atau di luar ruangan.

     
  3. Perbandingan harga

    Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan saat memilih matras yoga adalah harga. Ada rupa ada harga. Kamu tentu sudah sering mendengar kalimat ini. Memang tak dapat dipungkiri, matras dari merk dan material tertentu yang nyaman dan aman digunakan, biasanya dibanderol lebih mahal dari matras dengan kualitas biasa. Namun tak peru khawatir, kamu tetap bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki kok.
     

Rekomendasi matras yoga terbaik

Ada banyak pilihan matras yoga dari berbagai merk, ketebalan dan jenis material pembuatnya. Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu jenis yoga apa yang akan kamu lakukan sebelum mencari dan membeli matras yoga. Hal ini perlu dilakukan mengingat beberapa jenis yoga mengharuskan kamu untuk melakukan gerakan dalam posisi tertentu yang apabila alas atau matras yang kamu gunakan tepat, bisa menyebabkan anggota tubuh kamu terluka. 

 


Berikut beberapa merk rekomendasi matras yoga yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Matras yoga Reebok

    Kelebihan matras yoga ini selain karena desain yang kekinian, kualitasnya juga dinilai sangat baik. Dibuat dari material PVC yang ringan dengan ketebalan sekitar 4 mm dan dibanderol mulai dari 900ribuan

     
  2. Matras yoga Speeds

    Speeds merupakan salah satu merk matras yoga yang terjangkau karena dijual dengan harga mulai dari 175ribuan. Terbuat dari bahan karet NBR yang fleksibel dan cukup nyaman saat digunakan.

     
  3. Matras yoga Kettler

    Salah satu jenis matras yang terbuat dari material PVC ini memiliki ketebalan 8mm namun cukup ringan untuk dibawa kemana-mana. Satu buah matras Kettler dijual dengan kisaran harga 250ribuan.

     
  4. Matras yoga Tortue

    Matras yoga yang satu ini harga pasarannya adalah sekitar 900ribuan. Termasuk matras dengan ketebalan 4.5mm yang terbuat dari bahan alami sehingga lebih ramah lingkungan.

     
  5. Matras yoga Adidas

    Ada banyak sport brand ternama yang mengeluarkan produk matras yoga, salah satunya adalah Adidas. Sebagai merk yang mengkhususkan diri untuk bidang olahraga, produk yang dihasilkan sudah tentu direkomendasikan banyak orang. Matras yoga Adidas terbuat dari bahan TPE, dengan kombinasi EVA dan busa impor yang memberikan kenyamanan lebih saat digunakan. Matras ini dijual di pasaran dengan kisaran harga 1jutaan

 

Demikian rekomendasi matras yoga yang bisa kamu pilih. Pastinya masih ada banyak lagi matras yoga dari merk lain yang cocok buat kamu. Mulai dari harga yang murah hingga yang fantastis. Jangan lupa saat memilih matras, kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki.

Semangat kamu untuk memulai yoga harus disertai dengan keinginan untuk belajar yoga dan mengetahui detail-detail tentang yoga. Kamu juga bisa meminta saran dari instruktur yoga perihal apa saja peralatan yang mesti dipersiapkan sebelum memulai yoga. Pilihlah matras yang mudah dibersihkan, beberapa jenis matras yoga bahkan ada yang bisa dicuci lho. Selamat berolahraga! 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

97
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.