Belajar Tentang Batik dan Proses Pembuatannya Bersama Era Soekamto

Jika ingin tahu lebih dalam mengenai batik dan proses cara pembuatan batik, yuk ikuti kelas ini! Mari kita bersama-sama mencintai batik dan melestarikan budaya Indonesia.

5 ulasan

5/5

  • Kriya
  • Beginner

Benefit yang didapat dari kelas ini

  1. Video Kelas
  2. Tes Evaluasi Kelas
  3. Sertifikat Penyelesaian
  4. Mendapatkan 20 Point
2254
4
0
Simpan
Share

Kamu dapat 20 poin

50 %

Rp 200.000

Rp 100.000

Belajar Tentang Batik dan Proses Pembuatannya Bersama Era Soekamto

Jika ingin tahu lebih dalam mengenai batik dan proses cara pembuatan batik, yuk ikuti kelas ini! Mari kita bersama-sama mencintai batik dan melestarikan budaya Indonesia.

1 ulasan

1 /5

Deskripsi Kelas

Batik merupakan salah satu kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi warisan budaya dunia.

 

Seni menggambar di atas kain untuk pakaian ini sesungguhnya adalah salah satu kebudayaan keluarga kerajaan di Indonesia zaman dahulu. Konon pengembangan batik banyak dilakukan pada zaman Kesultanan Mataram, lalu berlanjut ke masa Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

 

Di kelas "Belajar Tentang Batik dan Pembuatannya Bersama Era Soekamto" ini, kamu akan diajak menggali lebih dalam tentang filosofi, cerita di balik sebuah batik, makna yang terdapat dalam motif-motif batik, dan juga proses cara membuat batik dari menggambar sampai jadi. Kamu akan dibimbing langsung oleh seorang fashion designer penggiat batik Indonesia, Era Soekamto.

 

Jadi, kalau ingin tahu lebih dalam mengenai batik dan proses cara pembuatan batik, yuk ikuti kelas ini! Mari kita bersama-sama mencintai batik dan melestarikan budaya Indonesia.
















Mentor

wanita asia dengan latar belakang batik

Era Soekamto

Fashion Designer

Era Soekamto, perempuan kelahiran Lombok, 3 Mei 1976 ini dikenal sebagai perancang busana batik dan kebaya. Sejak kecil Era dibesarkan oleh keluarga yang mencintai budaya dan kain Indonesia. Ibunya adalah ibu rumah tangga yang mengoleksi kain dan sering menuturkan makna setiap kain yang tersimpan dalam lemarinya. Kini, Era menjadi sosok yang peduli, konsisten, dan melestarikan warisan budaya Indonesia, terutama budaya Jawa. Baginya, batik dan kebaya bukan hanya komoditas, tapi juga simbol perjuangan.

 

Era Soekamto menempuh pendidikannya di LaSalle College of the Arts, yang merupakan institusi seni dan desain pasca-sekolah menengah publik di Singapura. Setelah lulus, ia berkesempatan untuk mengajar di LaSalle College Jakarta, sebagai pengajar fashion design selama 9 tahun. Tak lama kemudian ia menjadi program director dan pengajar di Indonesia International Fashion institute pdaa tahun 2006-2008. Tak berhenti di sana, Era menjadi fashion designer dan creative director di PT Urban Crew Indonesia pada tahun 1997. Pada tahun 2012 ia dipercaya untuk menjadi Direktur Kreatif Iwan Tirta Private Collection.

 

Karya-karya telah Era buat berhasil meraih berbagai penghargaan, di antaranya adalah Runner Up Indonesia Young Designer Contest (Jakarta), Runner Up Asian Young Designer Contest (Singapore), dan Best Up-coming Designer by A+ Magazine.

Lihat Selengkapnya

FAQ Kelaskita

Kelaskita adalah aplikasi belajar yang menghadirkan metode pembelajaran online yang unik, praktis, fleksibel, dan menyenangkan.
Baik dalam bidang Bisnis, Olahraga,Jurnalistik, Hewan dan Tumbuhan,Kecantikan dan lainnya.
Video Pembelajaran dapat kamu nikmati dimana saja dan kapan saja baik dengan Smartphone, Tablet ataupun Laptopmu.