KESEHATAN

Yuk Cari Tahu Apa Saja Penyebab Asam Lambung Naik, Jangan Sampai Terlambat!

Kalau kamu pernah mengalami gejala seperti sakit pada ulu hati, nyeri perut dan mual, mungkin kamu mengalami kenaikan asam lambung atau GERD. Jangan sepelekan hal ini, karena bisa berakibat lebih fatal lho. Yuk, cari tahu apa saja penyebab asam lambung!

Penyakit Asam Lambung

Apa itu penyakit asam lambung? Penyakit asam lambung merupakan penyakit dengan gejala rasa nyeri dan terbakar pada bagian dada. Penyebab kondisi ini adalah kenaikan asam lambung hingga ke kerongkongan. Dalam bahasa medis, penyakit ini dikenal dengan sebutan GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease.

Istilah GERD dipakai untuk menggambarkan sebuah symptom atau perubahan mukosa sebagai akibat dari gangguan pada sistem saluran cerna. Kondisi dimana asam lambung dan isi perut mengarah balik (reflux) ke kerongkongan (esophageal), yang menyebabkan penderitanya mengalami rasa panas dan perih seperti terbakar pada bagian bawah tulang dada atau disebut juga heartburn.

Penyebab Asam Lambung

Ada sejumlah kondisi yang menjadi pemicu dan penyebab asam lambung naik. Kondisi secara fisik misalnya kerusakan dinding lambung atau pun non-fisik seperti stres dan rasa cemas yang berlebihan. Yuk, kita bahas lebih jauh penyebab asam lambung ini.
 

  • Asam Lambung Akibat Faktor Fisik
     

Penyebab asam lambung naik salah satunya bisa dikarenakan kondisi organ saluran cerna yang sedang tidak baik-baik saja alias mengalami kerusakan atau malfungsi. Kerusakan pada dinding lambung misalnya, dapat menyebabkan fungsi organ ini menjadi tidak maksimal dan memicu asam lambung naik. Penyebab asam lambung lainnya adalah kinerja Sfingter Esofagus yang melemah. Melemahnya otot-otot pembatas di antara kerongkongan dengan lambung tersebut memicu aliran balik dan isi asam lambung menjadi naik ke saluran esofagus, yang pada akhirnya menyebabkan iritasi di kerongkongan. Untuk mengetahui lebih detail, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.
 

  • Asam Lambung Akibat Faktor Non-fisik
     

Kondisi psikologis dan gaya hidup juga menjadi salah satu faktor penyebab asam lambung naik. Berikut beberapa hal yang bisa memicunya:
 

  1. Asam Lambung Akibat Faktor Makanan

    GERD sangat rentan terhadap sejumlah jenis makanan tertentu misalnya yang terlalu pedas dan juga asam serta yang sangat berlemak. Untuk menghindarinya, kamu dianjurkan memilih menu makanan yang aman bagi lambung dan hindari juga alkohol serta kafein. Selain itu, perhatikan juga jam makan, atau waktu mengkonsumsi makanan. Buat kamu yang terbiasa makan cemilan sebelum tidur, sebaiknya mengurangi kebiasaan ini. Sebenarnya sah-sah saja ngemil sebelum tidur, hanya saja porsi yang masuk jangan sampai berlebihan.
     
  2. Asam Lambung Akibat Faktor Stres dan Obesitas

    Dr. dr. Neneng Ratnasari, SpPD., dokter spesialis penyakit dalam RSUP Sardjito, menjelaskan penyebab asam lambung sangat berkaitan erat dengan kondisi stres dan kecemasan penderita. Karena faktanya, tidak semua pemicu asam lambung adalah makanan atau gangguan lambung. Neneng menambahkan, seringkali pasien datang dengan kondisi lambung yang baik secara anatomis, namun pasien tersebut kerap mengalami kecemasan berlebih dan inilah pemicu naiknya jumlah asam lambung. Penyebab asam lambung selanjutnya adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Kondisi lemak perut yang berlebihan memunculkan tekanan pada area perut sehingga memperbesar resiko terjadinya kenaikan asam lambung atau GERD.
     
  3. Asam Lambung Akibat Faktor Gaya Hidup

    Kesibukan yang begitu padat menjadi alibi banyak orang ketika mereka mulai melalaikan jadwal makan yang teratur. Padahal aktivitas makan yang tidak teratur ini menjadi salah satu penyebab asam lambung. Mengonsumsi makanan berat sebelum jam tidur, adalah sebuah kebiasaan yang tidak baik karena mengurangi jatah waktu bagi organ cerna dalam tubuh untuk mengolah makanan yang masuk. Ubahlah kebiasaan ini dan mulailah makan di jam yang lebih teratur, guna memaksimalkan proses pencernaan makanan dan menjaga agar saluran cerna dapat berfungsi dengan lebih baik. Selain itu, mulailah untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat dengan menghindari kebiasaan merokok, minum alkohol, kafein, dan soda yang berlebihan. Zat adiktif di dalamnya dapat menjadi penyebab asam lambung. 

Penanganan Penyakit Asam Lambung

Penting untuk menghindari faktor penyebab asam lambung, namun jika telah mengalaminya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Lakukan beberapa hal berikut sebagai pengobatan awal, yaitu:
 

  1. Konsumsi air hangat secara berkala dan perlahan untuk menetralkan dan menyamarkan rasa panas.
  2. Segera minum obat asam lambung untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi sensasi panas dan perih.
  3. Minum rebusan air jahe yang ditambahkan perasan jeruk lemon dan madu. Jahe merupakan bahan alami untuk mengurangi asam lambung, sementara lemon dan madu berfungsi efektif dalam mengurangi peradangan lambung.
     

Siapa saja bisa menjadi penderita GERD, tak peduli berapa usianya dan apa kondisi kesehatannya. Meski demikian, ada beberapa golongan yang cukup rentan terkena penyakit asam lambung di antaranya yaitu, ibu hamil, perokok dan penghirup asap rokok, penderita gangguan jaringan ikat (Scleroderma) dan penderita Hernia Hiatus (tonjolan pada lambung yang melewati celah diafragma).

Konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menjadi penyebab asam lambung yaitu obat penenang seperti Benzodiazepin, obat penghambat kalsium (calcium inhibitor), obat anti inflamasi non-steroid (NSAID) dan obat anti depresan (tricyclic).

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

95
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.