KESEHATAN

5 Tips untuk Meningkatkan Fokus

Lakukan ini agar tidak terdistraksi dan pekerjaan selesai pada waktunya.

Teman Kelaskita ada yang suka merasa susah fokus saat mengerjakan sesuatu? Misalnya seperti saat mengerjakan tugas dari guru atau dosen, tapi di tengah-tengah kita terdistraksi dengan hal-hal lain, yang ujung-ujungnya malah bikin pekerjaan jadi tidak selesai.

 

Nah, 5 tips berikut mungkin bisa membantu untuk tetap fokus saat mengerjakan sesuatu. Disimak ya!

 

1. Jauhkan handphone

Salah satu interupsi terbesar saat mengerjakan sesuatu adalah masuknya notifikasi dari handphone kita. Untuk itu, jauhkanlah handphone dari jangkauan kita. Bisa kita silent dan taruh di kantong atau tas kita saat sedang fokus mengerjakan sesuatu.

 

Tidak bisa lepas dari ponsel? Tanamkan dalam pikiran jika tugas atau pekerjaan yang kita kerjakan deadline-nya sebentar lagi, walaupun kenyataannya deadline-nya masih beberapa hari lagi. Inilah pentingnya menanamkan kedisiplinan pada diri sendiri.

 

2. Time management

Aturlah waktu untuk bekerja dan beristirahat sebaik mungkin. Terlalu fokus mengerjakan sesuatu selama berjam-jam juga tidak baik. Kita harus membagi waktu kapan kita bisa fokus, kapan kita perlu istirahat sejenak. 

 

Sebagai contoh, kita bisa mengatur waktu 30 menit untuk benar-benar fokus dan mengabaikan segala interupsi di sekitar, lalu 5 menit setelahnya kita beristirahat. Jeda 5 menit ini juga bisa digunakan untuk mengecek ponsel, tapi ingat, harus disiplin saat 5 menit istirahat berakhir, harus segera kembali fokus.

 

3. Siapkan kebutuhan

Agar tidak kehilangan fokus, sebelum mulai mengerjakan sesuatu, cobalah untuk mempersiapkan hal-hal yang dirasa perlu berada di jangkauan kita, seperti misalnya botol minum berisi air putih agar kita tidak perlu beranjak dari kursi atau tempat saat sedang kehausan. Persiapkan barang-barang yang memang diperlukan untuk menunjang selesainya tugas. 

 

4. Buat target

Dalam mengerjakan suatu tugas, terutama yang banyak dan tidak bisa diselesaikan dalam satu waktu, kita harus bisa mengeset target yang ingin dicapai. Misalnya hari ini kita mengerjakan sampai 30%, lalu sisanya dikerjakan di esok harinya. Pastikan kalau kita disiplin dan berpegang pada target yang sudah kita buat sendiri.

 

5. Kasih reward

Penting kiranya untuk menghargai hasil jerih payah kita sendiri. Saat kita berhasil menyelesaikan tugas sesuai taregt, kita bisa memberikan hadiah buat diri kita sendiri. Reward bisa dalam bentuk yang sangat sederhana,seperti rebahan sejenak, membeli makanan atau minuman favorit, atau sekadar menonton video favorit kita di youtube. Reward yang kita berikan ke diri sendiri adalah sebagai bentuk terima kasih kita karena telah berhasil menaklukan diri sendiri.

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa coba dilakukan untuk tetap fokus dan semangat dalam mengerjakan tugas.Selamat mencoba ya! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

140
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.