KESEHATAN

Tips untuk Bangun Sahur

Coba lakukan tips ini agar kita bisa bangun sahur di bulan Ramadan ini.

Bagi sebagian orang, bangun dini hari untuk santap sahur cukup menjadi tantangan. Tidak sedikit yang merasa sulit untuk melakukannya. Padahal, meski hukumnya sunnah, umat Islam dianjurkan untuk sahur sebelum menjalani puasa di bulan Ramadan ini.

 

Dari segi kesehatan, tidak sahur juga bisa membuat kita kurang energi dan lesu saat berpuasa. Selain itu, juga bisa meningkatkan risiko dehidrasi.

 

Nah, berikut ini ada beberapa tips agar kita bisa mudah bangun pagi untuk sahur. Apa saja? Disimak ya, Teman KelasKita.

 

1. Tidur lebih awal

Selama bulan Ramadan, atur waktu tidur lebih awal agar kita bisa dengan mudah bangun di pagi hari. Biasakan untuk tidur awal jam 10 malam setelah salat Tarawih. Saat mendapatkan tidur yang cukup, seseorang akan lebih mudah bangun dan bahkan akan merasa lebih segar.

 

2. Hindari makan sebelum tidur

Sebisa mungkin, hindari makan berlebihan di malam hari sebelum kita tidur. Hal ini bisa membuat perut kita kekenyangan dan mengurangi nafsu makan saat sahur. Kita bisa coba membiasakan berbuka puasa dengan makanan ringan, lalu makan berat setelah salat maghrib, dan mengonsumsi buah-buahan setelah salat Tarawih.

 

3. Siapkan menu sahur yang menarik

Hal ini cukup penting. Siapkan menu sahur yang menggugah selera namun tetap sehat dan bergizi. Karena dengan menu yang menarik, kita akan memiliki nafsu makan saat saat sahur sehingga energi tetap terjaga saat berpuasa. 

 

4. Berolahraga

Berolahraga secara teratur akan membantu meningkatkan kualitas tidur kita. Karena dengan berolahraga, kita akan dapat tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Kita bisa melakukan olahraga ringan di pagi hari atau sore hari sebelum berbuka puasa.

 

Itu dia beberapa tips agar kita bisa bangun dini hari untuk sahur dan menjalani puasa dengan baik. Selamat beribadah puasa ya, Teman KelasKita. (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

67
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.