KESEHATAN

Tips Tubuh Tetap Prima selama Puasa

Lakukan tips berikut ini agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Di samping beribadah, melakukan puasa pada dasarnya memberikan sangat banyak manfaat bagi kesehatankita. Beberapa di antaranya adalah seperti membakar lemak jahat, detoksifikasi tubuh, bahkan bisa meningkatkan kinerja otak.

 

Namun, beberapa dari kita banyak juga yang merasakan lemas, terutama di hari-hari awal menjalankan puasa ini. Untuk itu, ada beberapa tips hidup sehat yang bisa diterapkan saat berpuasa Ramadan agar tubuh tetap kita tetap sehat dan bugar. Disimak ya, Teman KelasKita.

 

1. Tidur cukup

Mengatur pola tidur hingga bisa mendapatkan tidur yang cukup sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Di bulan puasa ini, cobalah untuk membiasakan diri tidur lebih awal, agar kita bisa bangun sahur dalam keadaan tidak kurang istirahat. Oh iya, jika ada kesempatan istirahat siang, maka manfaatkan waktu ini untuk tidur sekitar 30 menit. 

 

2. Asupan makanan 

Saat berpuasa, perhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Pastikan kita mengonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi yang cukup. Sebisa mungkin, kurangi makanan olahan atau fast food, dan rutinlah mengonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung serat untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh.

 

3. Tetap aktif bergerak 

Melakukan puasa tidak berarti kita berhenti berolahraga. Sebaliknya, biasakan tubuh untuk tetap aktifbergerak. Kita bisa melakukan olahraga secara rutin dengan intensitas ringan, saat jelang waktu buka puasa atau sebelum subuh. 

 

4. Cek kesehatan

Melakukan medical check-up penting untuk mengetahui kondisi kesehatan kita secara umum. Dengan begini, kita bisa mengantisipasi jika ternyata kita didiagnosa memiliki penyakit seperti diabetes, hipertensi, asam urat, kolesterol, dan lain sebagainya. Jika begini, kita bisa melakukan konsultasi penyakit tersebut ke dokter dan sampaikan niat berpuasa tersebut.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita dalam menjalani puasa ini. Selamat beribadah, dan sehat selalu ya, Teman KelasKita! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

116
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.