BISNIS

Tips Sukses Jualan Online dengan Rating Bagus

Karena dengan rating bagus, kepercayaan pelanggan didapat, dan penjualan meningkat.

Bagi para pengusaha online, rating dari pembeli sangatlah penting dan pengaruhnya terhadap penjualan sangatlah besar. Karena nilai rating ini secara langsung menunjukkan tingkat kepuasan dan kepercayaan customer. Jadi, tidak heran kalau bisa terjadi penurunan performa toko online terjadi karena rating yang buruk dari pembeli. 

 

Nah, ada beberapa tips agar toko online kita bisa mendapat rating bintang 5 dari pembeli sehingga penjualan bisa meningkat. Coba disimak ya!

 

1. Gunakan foto produk asli dan deskripsi lengkap

Gunakan foto produk yang asli. Kita juga bisa menambahkan video produk agar pembeli semakin tertarik. Jangan lupa untuk menuliskan deskripsi produk secara lengkap, rinci, dan sesuai dengan kondisi produk. Sebab, para penjual yang menggunakan foto produk asli dan video produk, cenderung lebih dipercaya pelanggan.

 

2. Responsif

Kecepatan dalam merespon chat calon pembeli bisa berdampak besar pada penilaian dan ulasan yang akan kita terima. Responlah pembeli 1x24 jam agar pembeli merasa terlayani. Jika kita memberlakukan jam kerja, kita bisa memberikan informasi kepada calon pembeli tentang jam pelayanan toko kita.

 

3. Konfirmasi ulang pesanan

Jika pembeli sudah melakukan pesanan, coba konfirmasi ulang kepada pembeli secara detail mulai dari kesesuaian warna, ukuran, jenis barang, harga, dan lain sebagainya. Ini akan meminimalisasi ketidaksesuaian pengiriman barang yang berakibat pada pemberian rating yang buruk.

 

4. Pengemasan yang baik

Kemasan yang aman dan rapi akan membuat pembeli merasa puas dengan pelayanan toko online kita. Apalagi, jika barang yang dipesan adalah barang rentan pecah, kita harus membungkusnya dengan aman.

 

5. Minta feedback 

Sebagai penjual, kita bisa bertanya kepada pembeli untuk memberikan ulasan dan penilaian pada produk atau toko. Namun, jika pembeli memberikan penilaian yang kurang baik, kita bisa mengkonfirmasi ulang kepada pembeli tentang ketidakpuasannya. Usahakan untuk menawarkan solusi seperti menukar barang, memberikan garansi, atau diskon pada pembelian selanjutnya.

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan rating bagus sehingga dapat meningkatkan penjualan toko online kita. Selamat mencoba dan semoga sukses! (Erick) 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

128
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.