BISNIS

5 Tips Sukses Berwirausaha

Teman KelasKita ingin berwirausaha? Coba simak beberapa tips berikut ini.

Menjadi wirausahawan saat ini menjadi salah satu pilihan profesi yang cukup digandrungi. Bahkan dukungan pemerintah juga banyak mengalir untuk pengembangan UMKM saat ini, notabene merupakan solusi tepat untuk pengadaan lapangan pekerjaan.

 

Nah, buat Teman KelasKita yang tertarik untuk menjadi seorang wirausaha, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba.

 

1. Melihat kebutuhan pasar

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah melihat pasar terlebih dahulu. Apa yang sekiranya dibutuhkan oleh pasar saat ini? Bagaimanakah kira-kira prospek ke depannya? Cobalah melihat peluang potensial yang ada di sekitar.

 

2. Menentukan produk

Setelah itu, tentukan produk yang sesuai dengan pasar. Misalnya tempat tinggalmu berada di dekat perkantoran, kamu bisa membuka usaha makanan yang cocok untuk makan siang para karyawan atau membuka coffee shop, misalnya.

 

3. Menentukan tempat

Kalau kebetulan tempat tinggal kita terbilang strategis dan potensial, kita bisa membuka usaha di situ. Atau jika memungkinkan, kita bisa mencari lokasi khusus usaha yang memang cocok dan sesuai dengan target market kita. Namun, jika menyewa tempat masih mahal, kita juga bisa memulainya dengan menjualnya secara online via market place atau social media.

 

4. Membuat strategi promosi

Melakukan promosi adalah salah satu hal yang penting dalam berusaha. Kita bisa memaksimalkan peran social media dalam hal ini. Selain meningkatkan awareness, dengan promo yang maksimalkan diharapkan penjualan usaha kita juga akan meningkat.

 

5. Menjaga keuangan

Yang terakhir, tertiblah dalam melakukan pencatatan dan menjaga arus keluar masuk keuangan. Di fase awal pembukaan usaha, sangatlah penting untuk memutar modal dengan bijak untuk pengembangan usaha kita ke depannya.

 

Itu dia beberapa tips untuk membuka usaha. Oh iya, jangan lupa untuk selalu semangat dan tetap optimis dalam menjalankan usaha ya, Teman KelasKita. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

459
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.