BISNIS

5 Tips SEO untuk Jualan Online

Teman KelasKita mau coba berjualan online di market place? Coba tips SEO berikut untuk memaksimalkan penjualan.

Jualan online saat ini jadi salah satu sumber mata pencarian yang banyak dilakukan karena potensial. Nah, untuk Teman KelasKita yang ingin coba berjualan online, bisa menerapkan kaidah Search Engine Optimization (SEO) untuk memaksimalkan jualan online. Karena dengan menerapkan SEO secara tepat, akan bisa mendongkrak lebih banyak calon pembeli secara organik.

 

Berikut ini ada beberapa tips agar UMKM lokal dapat mengoptimalkan SEO supaya produk ditemukan pembeli di halaman mesin pencarian secara lebih mudah.

 

1. Penulisan nama produk

Nama produk merupakan hal pertama yang dicari oleh calon pembeli. Oleh karena itu, nama produk harus ditulis sesuai dengan produk yang dijual, agar bisa keluar saat calon pembeli melakukan pencarian.

 

2. Deskripsi produk sesuai keyword

Dalam menuliskan deskripsi produk, kita harus memilih kata kunci atau keywords yang relevan. Ini bertujuan supaya calon pembeli lebih tertarik dan produk bisa muncul di halaman pencarian.

 

3. Tambahkan link yang relevan

Kita juga sebaiknya menambahkan link yang relevan, baik di laman toko online kita, website, ataupun social media. Misalnya dengan menaruh link akun toko online kita di media sosial, serta menautkan ke situs yang relevan dengan produk. Hal ini akan mengoptimalkan performa SEO dan bisa membantu meningkatkan pengunjung, penjualan, dan kepercayaan calon pembeli.

 

4. Kombinasi keyword

Gunakan kombinasi kata kunci yang saling berkaitan pada produk, agar memudahkan calon pembeli menemukan barang dengan pencarian yang lebih spesifik. Cara penamaan yang baik adalah mencantumkan jenis produk, merek, dan keterangan (model/pola, tipe atau warna) secara berdampingan. 

 

Contohnya, nama produk "Handphone iphone 13 pro 128 gb silver murah" akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli yang melakukan pencarian spesifik.

 

5. Visual produk menarik

Hal lain yang juga mesti dipertimbangkan untuk membantu meningkatkan jumlah calon pembeli adalah mengoptimalkan foto dan video produk dagangan kita. Gunakan foto dan video yang menarik dan berkualitas baik. Perhatikan juga penamaan file foto dan video, usahakan sesuai dengan keyword produk kita.

 

Itu dia beberapa tips SEO untuk memaksimalkan penjualan online kita. Selamat mencoba dan semoga laris manis usahanya ya, Teman KelasKita! (Erick)

 

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

90
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.