KESEHATAN

Tips Sehat Makan Gorengan

Coba lakukan hal ini agar tetap sehat meski buka puasa pakai gorengan.

Tidak bisa dipungkiri kalau gorengan menjadi salah satu menu buka puasa paling disukai masyarakat Indonesia. Meski begitu, tepung dan minyak berlebih pada gorengan merupakan salah satu sumber penyakit seperti kolesterol hingga asam urat.

 

Nah, berikut ini ada beberapa tips agar gorengan yang kita makan relatif sehat dan tidak berbahaya untuk tubuh kita. Coba disimak ya, Teman KelasKita. 

 

1. Bikin sendiri

Memang akan sedikit repot, tapi demi kesehatan, mengonsumsi gorengan yang kita masak sendiri di rumah akan lebih sehat. Alasannya, selain kebersihannya terjaga, kita juga bisa menjaga kualitas bahan dan minyak yang digunakan sebagai bahan baku.

 

2. Gunakan minyak baru

Agar kualitas gorengan lebih sehat, gunakan minyak baru setiap ingin menggoreng. Idealnya, kita bisa menggunakan minyak hanya untuk dua kali penggorengan saja, sebab jika minyak digunakan berulang kaliakan mengandung zat karsinogenik yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kolesterol hingga kanker.

 

3. Menggunakan banyak sayuran

Agar lebih sehat, kita juga bisa menambahkan banyak sayur ke dalam tepung adonan gorengan kita. Jika membuat bakwan goreng misalnya, usahakan untuk menggunakan sayur lebih banyak daripada tepung.Dengan begini kita bisa menurunkan risiko masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

 

4. Tiriskan minyak pada gorengan

Setelah gorengan matang, sebaiknya kita menyaring dan meniriskan gorengan tersebut hingga permukaan terlihat kering, garing dan tidak berminyak. Hindari mengangkat gorengan tanpa menyaringnya terlebih dahulu.

 

5. Gunakan alas serap minyak

Setelah gorengan ditiriskan menggunakan penyaring, hidangkan gorengan di atas alas serap minyak, seperti kertas, tisu, atau kain. Hal ini akan mengurangi minyak yang menempel di gorengan kita. 

 

6. Batasi jumlah konsumsi

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk juga dalam hal makan. Jadi, batasi diri kita dalam mengonsumsi gorengan. Jangan makan gorengan terlalu banyak.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan agar gorengan yang kita konsumsi lebih sehat dan baik untuk tubuh kita. Selamat mencoba ya, Teman KelasKita! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

49
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.