KEUANGAN

4 Tips Sebelum Mulai Investasi untuk Pemula

Perhatikan hal berikut ini sebelum mulai berinvestasi.

Teman KelasKita pasti sudah banyak yang merasakan pentingnya berinvestasi sejak dini. Namun sebelum memulai, ada baiknya bila mempelajari langkah awal berinvestasi khususnya bagi para investor baru agar tidak salah jalan.

 

1. Keadaan pasar sulit diprediksi

Tidak ada yang bisa menjamin kapan pasar akan berkinerja baik. Jadi, ketika kita berinvestasi, pendekatan yang ideal adalah berinvestasi untuk jangka panjang. Hal ini dilakukan guna memastikan apresiasi modal dan penciptaan kekayaan.

 

2. Diversifikasi

Diversifikasi portofolio itu penting karena kita tidak bisa menaruh semua uang dalam satu tempat. Tujuan diversifikasi adalah perlindungan portofolio investasi dengan memastikan eksposur di berbagai kelas aset.

 

Meski begitu, kita juga jangan sampai overdiversifikasi, alias memiliki portfolio terlalu banyak. Karena hal inicenderung akan mendapatkan keuntungan atau pengembalian yang berkurang dibanding pengurangan risiko yang seimbang.

 

3. Pasti ada risiko

Investor berpengalaman memahami bahwa risiko dan pengembalian berjalan beriringan. Sebagian investor memang ada yang berpikir bahwa mengambil risiko tinggi juga akan memberi pengembalian yang tinggi. Akan tetapi, kenyataannya tidak selalu demikian. Mengambil risiko lebih rendah juga bisa memberi kita pengembalian yang wajar. Sekali lagi yang perlu diingat, pada intinya, tidak ada investasi yang tanpa risiko.

 

4. Perhatikan kualitas 

Berinvestasi di perusahaan yang menjanjikan kualitas dan pertumbuhan dalam jangka panjang adalah pendekatan yang ideal. Investasi berkualitas bertujuan untuk mengidentifikasi peluang dalam bisnis yang menguntungkan dan menghasilkan uang. Selalu perhatikan visi manajemen dan kemampuan eksekusi perusahaan yang akan kita invest.

 

 

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita akan coba mulai berinvestasi. Selamat mencoba, tetap konsisten berinvestasi, dan semoga cuan ya, Teman KelasKita! (Erick)

 

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

78
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.