KEUANGAN

5 Tips Sebelum Memilih Asuransi

Baca ini dulu sebelum memilih asuransi ya, Teman Kelaskita.

Memilih asuransi yang tepat merupakan salah satu hal penting untuk perlindungan kita di masa depan. Jangan sampai kita salah memilih produk asuransi dan menyesal kemudian. 

 

Karena itu, sebelum membeli asuransi kita harus memahami dulu produk yang ditawarkan, bagaimanamanfaat, risiko, cakupan proteksi, proses klaim, pengecualian, hak dan kewajiban nasabah, serta detail lainnya. 

 

Nah, supaya tidak salah, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih asuransi:

 

1. Pilih sesuai kebutuhan

Pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Jangan hanya karena tertarik kepada promo dan hadiah yang ditawarkan atau tidak enak karena teman yang menawarkan.

 

2. Pastikan kredibilitas perusahaan asuransi

Pastikan perusahaan asuransi sudah memiliki izin OJK dan agen asuransi yang digunakan adalah agen profesional yang memiliki sertifikasi keagenan dan mampu membantu, menjelaskan secara detil dan mengurus keperluan asuransi kita di kemudian hari.

 

3. Cari tau sepak terjang perusahaan asuransi

Kenali kualitas layanan perusahaan asuransi yang akan kita pilih, terutama terkait dengan pelayanan klaim. Cari tahu melalui studi internet atau dari informasi kerabat atau teman. 

 

4. Pahami manfaat yang diberikan

Tanyakan secara rinci mengenai manfaat yang diberikan, kondisi yang dipersyaratkan dan pengecualian jaminannya, di mana hal ini bisa menjadi alasan penolakan pengajuan klaim oleh pihak asuransi. 

 

5. Baca polis dengan teliti

Jika polis sudah diterima, baca dengan teliti polis beserta semua lampiran yang sudah diterima. Bila tidak sesuai dengan yang disampaikan oleh agen, maka polis dapat dibatalkan atau dilakukan perubahan.

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum memilih produk asuransi yang pas. Ketika sudah memutuskan produk yang akan diambil, pastikan mengisi data dengan lengkap, jujur dan jelas di SPPA (Surat Permintaan/Permohonan Pertanggungan Asuransi) atau SPAJ (Surat Permintaan Asuransi Jiwa) dan tidak menandatanganinya dalam kondisi kosong atau tidak lengkap. Setelah itu, jangan lupa untuk bayar premi tepat waktu ya, Teman Kelaskita! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

252
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.