PARENTING

Tips Parenting Dampingi Anak Sekolah Online

Lakukan hal ini, agar proses belajar bisa berjalan dengan kondusif dan efektif.

Selama masa pandemi COVID-19 ini pemerintah mengimbau sekolah untuk menggelar proses belajar mengajar secara online, dan aktivitas belajar dilakukan di rumah masing-masing murid.

 

Hal ini pastinya jadi tantangan tersendiri bagi para orang tua untuk mendampingi anak-anak belajar atau mengerjakan tugas sekolah di rumah. Agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan kondusif dan efektif, berikut ada beberapa tips mendampingi anak belajar di rumah yang baik selama masa pandemi COVID-19 ini.

 

 

1. Ciptakan suasana aman dan nyaman

 

Ini adalah kunci utama efektifnya proses belajar. Sebisa mungkin, orang tua menciptakan suasana rumah yang aman dan nyaman bagi anak untuk belajar. Misalnya, tidak ada suara televisi, suara musik yang keras, atau percakapan bersuara keras yang bisa mengganggu proses anak belajar.

 

2. Bangun suasana positif

 

Kehadiran orang tua saat anak belajar merupakan sebuah energi positif penambah semangat bagi anak. Karena itu, orang tua dapat mendampingi anak saat anak belajar online atau sedang mengerjakan tugas dari sekolah.

 

3. Terapkan kedisplinan

 

Buat peraturan dan tentukan jadwal waktu belajar di rumah dengan disiplin. Misalnya kapan anak harus mulai belajar, istirahat, melanjutkan belajar, makan, dan beribadah. Dengan begini, waktu yang digunakan untuk belajar mengajar di rumah menjadi efisien.

 

4. Sesuaikan waktu belajar dengan kondisi anak

 

Proses dan tugas belajar harus disesuaikan dengan kondisi anak, orang tua, dan lingkungan di rumah.Tentukan target yang realistis untuk anak belajar anak sehari-hari. 

 

5. Jangan terbawa stres

 

Jika orang tua sedang stres atau tertekan, proses pendampingan belajar mengajar akan menjadi tidak menyenangkan. Jadi, usahakan orang tua jangan sampai stres, sehingga bisa mendampingi anak dengan baik.

 

6. Bahan alternatif di luar materi

 

Orang tua juga harus bisa menyiapkan bahan-bahan bacaan di luar materi yang diberikan oleh sekolah untuk menambah wawasan baru bagi anak. Materi pembelajaran lainnya bisa dicari di internet, khususnya lewat website edukatif seperti kelaskita.com, yang menyajikan topik-topik pembelajaran yang dikemas secara menarik dan kreatif.

 

7. Libatkan anak dengan aktivitas di rumah

 

Libatkan anak dengan berbagai aktivitas di rumah, misalnya membuat kue, memasak, membersihkan rumah, berkebun, bereksperimen, dan kegiatan kreatif lainnya. Lakukan dengan cara yang menyenangkan disertai dengan penjelasan, sehingga anak tertarik dan rasa ingin tau semakin bertambah. 

 

8. Lakukan permainan edukatif



Ajak anak melakukan berbagai permainan edukatif di rumah pada waktu istirahat belajar. Selingi juga dengan permainan yang melibatkan fisik seperti bermain bulutangkis, misalnya, jadi selain menyenangkan, juga menyehatkan.

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menemani anak belajar di rumah selama pandemi ini. Pendampingan belajar ini bisa dilakukan bergantian antara ibu dan ayah, sehingga anak akan mendapatkan suasana belajar yang berbeda. Jangan lupa selingi waktu belajar dengan mengajak anak bermain untuk menjaga semangat. Dengan begini, anak senang, orang tuapun tenang.(Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

198
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.