TRAVELING

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Agar mudik Lebaran ke kampung halaman berjalan aman dan nyaman, coba cek beberapa tips berikut ini ya.

Lebaran sebentar lagi. Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, ini adalah momentum yang paling tepat untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga. Tentunya, kita perlu mempersiapkan beberapa hal agar perjalanan mudik berlangsung aman dan nyaman. Nah, berikut ini ada beberapa tips mudik aman dan nyaman yang bisa dilakukan.

 

1. Cari informasi harga tiket

Langkah paling awal, carilah informasi harga tiket untuk pulang ke kampung halaman. Jangan lupa untuk lakukan perbandingan harga tiket pada masing-masing transportasi seperti harga pesawat, harga bus, dan harga kereta. Carilah mana yang paling sesuai dari segi waktu maupun budget.

 

2. Alokasi budget

Setelah mengetahui harga tiket, kita bisa mulai menghitung biaya yang akan keluar dan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Ingat, biaya mudik tidak hanya ongkos pulang-pergi, jadi jangan sampai budget kita habis hanya oleh biaya transportasi yang berlebihan.

 

3. Pesan tiket jauh-jauh hari

Untuk keamanan dan kenyaman sebelum berangkat, sebaiknya kita memesan tiket perjalanan secara onlinedari jauh-jauh hari. Selain lebih aman dan terencana, membeli tiket secara online dari jauh hari biasanya harganya akan lebih murah ketimbang dekat dengan waktu Lebaran.

 

4. Hindari menggunakan perhiasan mencolok

Hindari menggunakan perhiasan berlebihan yang mencolok saat berangkat mudik, terutama jika kita menggunakan moda transportasi umum. Hal ini guna menghindari perhatian dan tindakan kriminal yang mungkin bisa dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

 

5. Persiapkan barang bawaan

Untuk mengurangi kemungkinan barang ketinggalan, jangan menyiapkan barang bawaan terlalu mepetdengan waktu keberangkatan. Sebaiknya siapkan semuanya dar beberapa hari sebelumnya, mulai dari pakaian, masker, obat-obatan,kartu identitas, oleh-oleh buat keluarga di kampung halaman, dan lainnya. 

 

6. Jaga kesehatan

Ini paling penting. Semua persiapan akan sia-sia kalau kita sakit saat akan berangkat mudik., Jadi, pastikan kita menjaga kesehatan dan cukup beristirahat agar tetap bugar selama dan sesudah perjalanan. 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan agar perjalanan mudik kita berjalan dengan aman dan nyaman. Semoga bermanfaat ya, Teman KelasKita! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

64
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.