FOTOGRAFI

Tips Motret Pakai Smartphone

Coba beberapa tips ini untuk motret makin maksimal modal kamera smartphone.

Saat ini, karya fotografi semakin mudah. Apalagi kalau bukan karena dengan teknologi smartphone yang semakin canggih. Bukan cuma kamera hp, aplikasi editing di hp juga bisa menunjang hasil foto kita terlihatlebih profesional.

 

Nah, supaya makin maksimal, berikut ini ada beberapa tips motret menggunakan kamera smartphone yang perlu kamu pahami.

 

1. Perhatikan komposisi

Komposisi foto yang baik akan membuat hasil foto lebih seimbang, rata, dan enak dilihat. Komposisi ini biasamenggunakan aturan “rule of thirds”, ini adalah prinsip komposisi fotografi yang di mana sebuah foto harus terbagi menjadi tiga, baik secara horizontal maupun vertikal.

 

Salah satu cara termudah dan terbaik untuk meningkatkan hasil foto di smartphone kamu adalah dengan mengaktifkan garis kisi (mode grid) kamera.

 

2. Kurangi penggunaan fitur zoom

Jika ingin objek lebih besar, majulah mendekati objek. Karena jika kita menggunakan fitur zoom yang ada pada kamera, resolusi akan cenderung menurun. Hasilnya, foto akan kurang maksimal. 

 

3. Manfaatkan fitur HDR

HDR atau High Dynamic Range pada kamera smartphone bisa kita gunakan untuk memaksimalkan hasil foto. Dengan mengaktifkan fitur HDR, maka kamera akan otomatis meningkatkan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekitar objek, sehingga foto yang dihasilkan akan tampak lebih terang atau cerah.

 

4. Variasi angle

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kita bisa explore dan mencoba berbagai variasi angle foto. Selain berpotensi menghasilkan foto lebih estetis, mencoba berbagai angle juga akan melatih insting kita dalam mengambil objek foto.

 

5. Jaga kestabilan

Penting untuk kita menjaga kestabilan tangan saat memotret. Jika tangan kita bergetar atau goyang, maka hasil fotonya akan blur. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan tripod kamera smartphone agar bisa memotret foto dengan maksimal tanpa getaran atau goyangan sedikit pun.

 

Itu dia beberapa tips motret menggunakan smartphone yang bisa Teman Kelaskita coba. Selamat bereksperimen! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

379
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.