FOTOGRAFI

Tips Motret Makanan

Karena saat ini, motret makanan sebelum dimakan adalah suatu keniscayaan.

Siapa di sini yang sebelum makan bukannya berdoa tapi malah motret makanannya dulu? Banyak? Nah, supaya tidak sia-sia, udah dosa karena kurang bersyukur terus hasil fotonya tidak bagus, ini kita kasih beberapa tips motret makanan biar hasilnya oke. 

 

Disimak ya!

 

1. Pencahayaan natural

 

Cahaya adalah kunci dalam fotografi. Meski begitu, jangan terlalu berlebihan juga dalam memasukkan unsur cahaya. Pastikan semuanya terlihat natural, sehingga foto makanan tidak terlihat terlalu terang. 

 

2. Fokus utama di makanan

 

Fokuskan foto yang akan kita ambil pada makanan utamanya. Hindari penggunaan alat-alat makan dan ornamen lain yang berlebihan. Jika terlalu banyak benda-benda lain yang tidak terlalu penting itu akan menjadi distraksi yang ujung-ujungnya akan mengalihkan fokus dari yang melihat foto.

 

3. Ambil foto dari beberapa angle

 

Beberapa makanan akan lebih menarik jika difoto dari berbagai angle yang berbeda beda. Contohnya, burger akan terlihat menarik jika difoto dari samping sementara minuman dapat terlihat lebih bagus jika di-shoot dari sudut 45 derajat. Silakan dicoba-coba sesuai makanan yang kita foto. 

 

4. Pakai tripod

 

Menggunakan tripod dalam pemotretan makanan, akan sangat membantu untuk menjaga kestabilan kamera. Selain itu, tangan kita juga akan lebih leluasa untuk mengatur-atur posisi makanan.

 

5. Set makanan dengan porsi kecil

 

Dalam memotret makanan, usahakan jangan memotret makanan dengan porsi yang berlebihan. Cukup gunakan posrsi kecil saja agar hasil lebih maksimal. Oh iya, sedikit trik, cobalah memotret makanan dengan porsi ganjil. Beberapa fotografer percaya kalo jumlah ganjil akan membuat komposisi lebih menarik. 

 

 

Itu dia beberapa tips memotret makanan yang bisa dicoba. Sebagai permulaan, rajin-rajinlah mencari referensi food photography di internet. Di awal-awal kita bisa mencontoh dari yang ada, kemudian kita kembangkan pelan-pelan. Yang terpenting tentunya adalah sering berlatih hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Nah, kalau kamu ingin tau lebih dalam lagi soal food photography, karena misalnya kamu mau terjun berbisnis F&B, kamu bisa mengikuti kelas Styling and Food Photography dari Natasha Lucas di Kelaskita.

 

Pada kelas ini kalian akan mempelajari pentingnya visual dalam bidang F&B. Tips menata makanan (food styling) dan food photogaphy akan dibahas tuntas di kelas ini. Tentunya akan ada praktik langsung cara styling dan memotret makanan.

 

Yuk ikuti kelasnya! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

212
1
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.