OTOMOTIF

Tips Merawat Mesin Motor

Agar mesin selalu sehat dan motor nyaman digunakan.

Untuk menjaga perfoma mesin motor kita tetap terjaga adalah dengan rutin melakukan perawatan. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar performa mesin motor kita tetap prima, antara lain adalah: 

 

1. Rutin ganti oli

Fungsi oli pada mesin kendaraan sangat vital. Oli berfungsi untuk melumasi komponen mesin agar dapat meminimalisasi gesekan dan membuat kinerja dapur pacu menjadi lebih maksimal. Oleh karena itu, kita harus menggunakan oli berkualitas sesuai standar dan tertib melakukan penggantian oli secara rutin.

 

Pergantian oli mesin motor standarnya yakni 2.000 kilometer perdua bulan untuk yang masih menggunakan karburator dan setiap 4000 kilometer atau 4 bulan untuk yang sudah menggunakan teknologi injeksi.

 

2. Rutin panaskan mesin

Rutin memanaskan mesin akan membuat aki pada kendaraan tidak cepat drop serta membuat sirkulasi oli mesin lebih optimal. Kita disarankan untuk memanaskan mesin kendaraan minimal 3 hari sekali.

 

3. Service teratur

Selain rutin mengganti oli, service motor secara teratur akan menjaga performa motor kita tetap prima dan membuat kita aman dan nyaman di jalan. Karena seapik apapun kita berkendara, spare parts motor kita akan perlu diganti dalam periode penggunaan tertentu.

 

4. Gunakan bahan bakar berkualitas

Menggunakan bahan bakar berkualitas dengan oktan tinggi akan bisa membantu menjaga performa mesin kendaraan kita. Dengan bahan bakar berkualitas, mesin akan bekerja secara optimal yang dapat membuat dapur pacu tidak cepat rusak.

 

Nah, itu dia 4 tips yang bisa dilakukan untuk menjaga performa motor kita. Kira-kira ada tips lain yang bisa ditambahkan? Langsung saja tulis di kolom komentar ya! (Erick)

 

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

117
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.