HEWAN PELIHARAAN

Tips Merawat Kucing Peliharaan

Lakukan ini agar anabul tumbuh sehat dan tetap menggemaskan.

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari di seluruh dunia. Dengan pola dan tingkahnya yang menggemaskan, tidak heran kalau banyak banget pencinta hewan berbulu ini.

 

Kalau Teman KelasKita ingin memelihara kucing di rumah, ada beberapa tips cara merawat kucing yang harus diketahui. Meskipun terlihat mudah, namun tetap perlu komitmen dan ketelatenan dalam merawat kucing ini.Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan: 

 

1. Pemilihan Makanan

Berikan makanan yang berkualitas dan bernutrisi. Sebab, kucing membutuhkan taurin dan asam amino esensial untuk menjaga kesehatan mata maupun jantungnya. Selain makanan kucing basah atau kering yang banyak dijual di pet shop, kita juga bisa memberikan ikan, ayam, atau daging untuk kucing kesayangan.Hindari memberinya cokelat, anggur, kismis, bawang merah, bawang putih, alkohol, atau xylitol, karena bisa beracun bagi kucing.

 

2. Memandikan kucing

Kucing dilengkapi dengan lidah yang secara alami berfungsi untuk membersihkan diri. Namun ada kalanya kucing membutuhkan bantuan manusia untuk kebersihan dirinya. Terutama saat kondisi kucing sudah sangat kotor, atau kucing mengalami kondisi kesehatan kulit seperti jamur dan kutu. Jika sudah terserang kutu dan jamur, cara merawat kucing yang tepat adalah dengan dimandikan setidaknya satu kali seminggu dengan sampo khusus.

  

3. Menyikat bulu kucing secara teratur 

Menyikat bulu kucing sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu akan membantu kucing tetap cantik dan sehat.

Meskipun kucing memiliki lidah yang bertekstur seperti sikat, menyikat atau menyisir bulu kucing secara teratur tetap diperlukan, terutama bagi yang mempunyai jenis kucing berbulu panjang. Hal ini diperlukan untuk mengurangi jumlah bulu rontok dan membantu menjaga bulu kucing agar tetap bersih.

Selain itu, menyikat bulu kucing juga bisa membantu menghilangkan serpihan kulit mati dan menstimulasi sirkulasi darah, sehingga dapat merangsang regenerasi kulitnya secara keseluruhan.

 

4. Jaga kebersihan gigi kucing

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan gigi kucing. Sama seperti manusia, kucing juga bisa memiliki karang gigi yang dapat menyebabkan penyakit gusi atau kerusakan gigi. Bahkan, bakteri yang terkumpul di gigi kucing juga bisa masuk ke aliran darahnya, berkontribusi pada penyakit kucing lainnya. Selain menyikat gigi kucing sendiri, kita juga bisa membawanya ke dokter hewan atau pet shop untuk perawatan berkala. 

 

5. Sediakan kotak pasir (litter box)

Kucing membutuhkan kotak pasir sebagai toilet. Idealnya sediakan satu kotak pasir per kucing dan satu kotak tambahan. Pastikan menempatkannya pada lokasi yang tenang dan mudah dijangkau. Hindari memindah pindahkan kotak, kecuali jika benar-benar diperlukan.

Kucing enggan menggunakan kotak pasir yang kotor dan bau. Jadi, buanglah kotoran dari kotak pasir tersebut setidaknya sekali sehari, dan cucilah kotak kotoran menggunakan detergen, dan isi ulang pasir sekitar seminggu sekali agar kebersihannya terjaga. 

 

6. Mengunjungi dokter hewan 

Kunjungan ke dokter hewan dapat membantu mendeteksi penyakit yang ada pada kucing sedini mungkin, memberikan vaksin, membersihkan gigi kucing, atau melakukan sterilisasi. Selain itu, kita juga bisa berkonsultasi dengan mereka jika ada hal yang tidak dimengerti mengenai kondisi kucing kita.

 

Nah, itu dia beberapa tips cara merawat kucing di rumah agar tetap sehat, lincah, dan menggemaskan. Selamat mencoba ya, Teman KelasKita. (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

215
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.