LAINNYA

Tips Merawat Buku

Agar awet dan tahan lama, berikut ini ada beberapa tips merawat buku yang bisa dicoba.

Meski di era digital, buku fisik tetap memiliki penggemarnya tersendiri. Tidak sedikit orang yang masih membaca dan mengoleksi buku, baik itu novel, buku kuliah, buku pelajaran, dan buku lainnya. 

 

Dengan harga buku yang terus meningkat saat ini, penting bagi kita untuk merawat buku-buku yang kita punya agar awet dan tahan lama. Berikut ini ada beberapa tips merawat buku yang bisa kamu coba.

 

1. Sampul plastik

Lindungi buku kesayangan kita dengan sampul plastik. Selain mencegah debu dan kotoran, sampul plastik juga akan membuat buku kita lebih awet dan bersih. Kita bisa mendapatkan sampul buku berbahan mika ini di toko-toko buku.

 

2. Taruh di tempat aman

Simpanlah buku kita di tempat yang aman. Usahakan menaruhnya di rak buku yang bebas dari semua gangguan seperti bocor, tikus, cuaca terlalu panas/ lembab, dan lain sebagainya.

 

3. Rutin dibersihkan

Usahakan untuk rutin membersihkan buku-buku kita dari debu-debu yang menempel. Meskipun beberapa buku mungkin jarang dibaca, tetaplah komit untuk membersihkannya.

 

4. Jangan dilipat

Gunakanlah pembatas buku untuk menandai halaman yang sedang kita baca. Jangan melipat halaman tersebut, karena ini akan membekas di buku kita. 

 

5. Jangan kena air

Beberapa orang terbiasa menggunakan jari dan air liur untuk mempermudah membuka halaman selanjutnya pada buku. Sebisa mungkin jangan lakukan hal ini. Air liur akan bisa membuat halaman buku kita menjadi “keriting” dan bisa membuat tinta memudar.

 

 

Itu dia beberapa tips dalam merawat buku kesayangan kita agar tidak cepat rusak. Tetap semangat membaca ya, Teman Kelaskita! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

116
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.