LINGKUNGAN

Tips Merapikan Rumah ala Jepang

Ini tips cara membersihkan rumah ala Jepang, menggunakan metode KonMari dari Marie Kondo.

Salah satu referensi dalam membersihkan rumah yang paling populer saat ini adalah buku "The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing" dari Marie Kondo. Di sini, diamengajarkan metode "KonMari", sebuah metode membersihkan rumah yang sederhana namun efektif.

 

Bagaimana caranya? Simak beberapa tips dari Marie Kondo:

 

1. Buang barang yang tidak membawa kebahagiaan

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika membersihkan rumah adalah menyingkirkan barang-barang yang terlihat berantakan dan tidak dibutuhkan.

 

Untuk memudahkan, Marie Kondo menyarankan kita untuk menanyakan pada diri sendiri, "apakah barang ini membuatku merasa bahagia?" Jika jawabannya ya, simpan di tempat penyimpanan sesuai kategorinya. Namun jika tidak, segera buang barang tersebut.

 

2. Rapikan barang berdasar kategori

Simpanlah barang sesuai kategorinya. Untuk pakaian, misalnya, bisa kita susun sesuai kategori. Namun sebelumnya, periksa pakaian mana yang masih akan dipakai, mana yang sudah tidak layak, atau tidak akan kita pakai pagi. Kalau kamu masih memiliki banyak baju layak namun tidak akan dipakai lagi, kamu bisa menyumbangkannya. Namun jika sudah tidak layak, kamu bisa menyingkirkannya.

 

3. Lipat barang secara vertikal

Untuk menghemat ruang dan menghindari pakaian mudah berantakan, Marie Kondo menyarankan melipat pakaian dan menyimpannya di laci. Cara menyimpan pakaian pun sebaiknya disusun berjejer alih-alih menumpuknya. Ini agar memudahkan kita untuk mengambil pakaian tanpa membuatnya berantakan.

 

4. Manfaatkan kotak sepatu

Apakah di rumah kamu banyak kotak sepatu tidak terpakai yang menumpuk begitu saja? Nah, mulai sekarang, kita bisa menggunakan kotak-kotak sepatu kita yang tidak terpakai untuk menyimpan barang-barang kita. 

 

5. Luangkan satu hari penuh untuk membersihkan rumah

Saat memutuskan untuk membersihkan rumah, sebaiknya siapkan waktu seharian penuh. Membagi beberapa hari untuk membersihkan rumah justru tidak akan efektif dan memakan waktu lebih lama.

 

6. Move on 

Hidup harus selalu move on dan tidak selalu mengungkit kenangan yang sudah lalu. Pastikan kita hanya menyimpan barang yang akan membuat bahagia bukan barang-barang yang sekadar menyimpan kenangan kemudian membuat rumah berantakan.

 

 

Itu dia beberapa tips untuk membersihkan rumah ala Marie Kondo. Teman Kelaskita mau mencobanya? Selamat bersih-bersih ya! (Erick)

 

 

Foto: Kitchn Video

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

165
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.