LAINNYA

Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru

Agar bisa dicapai dan bukan sekadar jadi wacana.

Mumpung masih awal tahun, masih waktu yang pas banget untuk kita membuat resolusi untuk bisa menjadi lebih baik di tahun yang baru ini. 

 

Menyusun resolusi dalam satu tahun ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing. Tidak perlu terpengaruh dengan orang sekitar apalagi memikirkan pandangan orang lain terhadap capaian kita. Buatlah resolusi yang sesuai dengan kapasitas kita sendiri. 

 

Berikut ini ada beberapa tipsnya: 

 

1. Spesifik 

Buatlah resolusi yang benar-benar jelas dan spesifik. Misalnya resolusi tahun depan kita adalah menurunkan berat badan, maka spesifikkan lagi, berapa banyak berat badan yang ingin kita turunkan dan dalam waktu berapa lama? 

 

2. Terukur 

Catatlah setiap perubahan yang kita capai. Dengan begini, akan bisa membantu kita melihat perkembangan dan perbedaannya. Selain mencatat, kita juga bisa menggunakan foto untuk memantau perubahan yang terjadi.

 

3. Masuk akal

Buatlah resolusi yang memang sekiranya mungkin untuk dicapai. Jangan membuat resolusi di luar akal yang malah berisiko membuat kita frustasi. Ini bukan berarti kita tidak boleh memiliki tujuan besar. Namun, pastikan resolusi itu realistis dan bisa dicapai sesuai kapasitas masing-masing. 

 

4. Relevan 

Pastikan resolusi yag kita buat benar-benar penting dan memiliki alasan yang kuat? Terutama resolusi yangbisa membuat kita lebih baik, mengubah struktur hidup, atau memperkuat hubungan dengan orang-orang sekitar, maka resolusi itu kemungkinan besar bisa dipertahankan. 

 

5. Batas waktu 

Berpikir realistis juga diperlukan ketika menentukan batas waktu untuk mencapai suatu resolusi. Beri waktu yang cukup untuk kita mencapai resolusi tersebut.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita pegang dalam menyusun resolusi tahun baru. Selamat mencoba dan semoga tercapai seluruh resolusinya! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

129
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.