KEUANGAN

Tips Menyisihkan Dana Investasi Buat Karyawan

Buat yang merasa gajinya pas-pasan, bisa juga lho coba tips investasi ini.

Salah satu cara mengatur keuangan untuk masa depan adalah dengan melakukan investasi sejak dini. Sayangnya, keterbatasan uang biasanya membuat kita sulit untuk mulai berinvestasi. Apalagi jika status kita sebagai seorang karyawan dengan gaji relatif pas-pasan, misalnya. 

 

Namun, jangan mau kalah dengan keadaan. Untuk menyiasatinya, coba lakukan beberapa hal di bawah ini agar bisa mulai berinvestasi:

 

1. Sisihkan di awal

Ini hal paling dasar: langsung pisahkan gaji kita di awal untuk investasi. Misalnya 10 – 20 persen dari total pemasukan yang kita terima. Dana inilah yang kita gunakan untuk berinvestasi, misalnya di reksadana, membeli emas, atau investasi lainnya.

 

2. Susun anggaran dengan detail

Setelah dipotong anggaran investasi, mulailah membuat alokasi dana untuk kebutuhan hidup sebulan ke depan dengan sisa dana yang ada, seperti pengeluaran cicilan tagihan, makan, transport, biaya air, listrik, dan lain sebagainya. Setelah semua tersusun, kita bisa melihat anggaran tersebut kembali dan kemudian mengurangi hal-hal yang dapat dihemat.

 

Selain anggaran bulanan, kita juga bisa menyusun rencana keuangan untuk masa depan misalnya untuk tujuan pendidikan anak, membeli rumah, menikah hingga untuk dana pensiun.

 

3. Gaya hidup sederhana

Jika memiliki pendapatan pas-pasan dan ingin bisa berinvestasi, maka kita harus menekan gaya hidupsesederhana mungkin. Kita tidak perlu gengsi jika tidak mengikuti tren kekininan dan jangan boros untuk hal-hal yang tidak esensial. 

 

4. Mencari penghasilan tambahan

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan untuk kita yang merasa bergaji pas-pasan, tentunya adalah mencari penghasilan tambahan. Entah lewat pekerjaan sampingan, atau berjualan online, misalnya. Salah satu triknya adalah dengan mencari sampingan dari hobi atau hal yang kita sukai. Dengan begini, kita akan semangat menjalannya. 

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menyisihkan dana agar kit abisa berinvestasi sejak dini. Yang pasti, selalu ikuti anggaran yang sudah kita buat, jangan boros, dan tetap hidup seserhana. (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

161
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.