KESEHATAN

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Salah satunya adalah dengan melakukan hal baik pada orang lain.

Kesehatan tidak selalu soal fisik, tapi juga mental. Kesehatan mental di sini mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial dan akan memengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan bertindak. Hal ini juga membantu menentukan bagaimana seseorang tersebut menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan yang sehat.

 

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Mengutip UNICEF, berikut adalah 5 tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi:

 

1. Cemas itu wajar

Para psikolog sudah lama menyadari bahwa kecemasan adalah fungsi normal dan sehat yang bisa membuat kita waspada terhadap ancaman, dan membantu kita untuk mengambil tindakan untuk melindungi diri. Ahli juga mengatakan bahwa kecemasan ini akan membantu mengambil keputusan yang harus dibuat.

 

2. Cari pengalihan

Menurut para psikolog, ketika kita berada dalam kondisi yang sangat sulit, apalagi untuk hal yang tidak bisa kita kendalikan, akan sangat membantu jika kita mencari pengalihan dengan melakukan hobi, seperti menonton film, membaca, bermain games, atau kegiata lainnya yang kita senangi.

 

3. Berkomunikasi dengan teman

Menjalin komunikasi dengan teman atau keluarga akan membantu kita lebih tenang. Mencoba belajar terbuka kepada orang lain, juga bisa membuat kita mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri.

 

4. Selami perasaanmu

Ketika kita sedang merasa kecewa, selami perasaan itu dan biarkan kita merasakan kekecewaan yang ada. Karena ketika berkaitan dengan perasaan yang menyakitkan, satu-satunya jalan keluar adalah berusaha melaluinya.

 

5. Lakukan hal baik untuk orang lain

Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain memiliki efek menguntungkan pada perasaan kita. Bersikap membantu dan ramah adalah cara yang baik untuk memberi makna, memperkaya rasa, dan meningkatkan harga diri.

 

 

Itu dia beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental kita. Cobalah untuk menerapkannya secara bertahap untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. Perlu diingat, jika merasa kesehatan mental sedang menurun dan tidak tahu bagaimana cara tepat untuk memperbaikinya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan psikolog. (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

218
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.