KULINER

Tips Menjadi Chef Profesional

Bukan cuma hobi masak, ini standar yang harus dimiliki untuk jadi chef profesional.

Menjadi chef atau koki saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang diminati banyak orang. Namun sesungguhnya, tidaklah gampang untuk menjadi seorang chef. Bukan cuma sekadar jago masak, seorang chef profesional perlu punya beberapa kualitas diri. Berikut adalah beberapa standar yang harus dimiliki oleh seorang chef profesional. 

 

1. Sikap positif

Seperti profesional di bidang lainnya, seorang chef yang baik harus memiliki sikap positif dengan apa yang dikerjakan. Ini akan mendukung chef untuk bekerja dengan cepat, efisien, rapi, dan melaksanakan keamanan. 

 

2. Stamina prima

Seorang chef profesional perlu memiliki stamina, fisik, dan kesehatan yang prima serta kemauan bekerja keras. Tekanannya bisa luar biasa ditambah dengan jam kerja panjang dan sangat melelahkan. 

 

3. Team work

Bekerja pada dapur operasional merupakan kerja sama tim. Jadi, dapat bekerja sama dalam tim dan berkoordinasi satu sama lain merupakan hal penting yang harus dimiliki seorang chef profesional. 

 

4. Mau terus belajar 

 Industri kuliner berubah begitu cepat, jadilah seorang yang selalu terbuka dengan ide-ide baru. Sebagus apa pun teknik memasak, kita haru tetap belajar untuk mendapatkan hal-hal yang lebih baik. 

 

5. Keterampilan manajerial

Selain terus update dan upgrade skill memasak, penting juga mengembangkan kemampuan manajerial lainnya, seperti mengatur keuangan dan pembiayaan memasak, mengatur dan memelihara penyimpanan yang benar, berurusan dengan pemasok, paham akan manajemen personalia, dan lain sebagainya.

 

Itu dia 5 hal yang perlu dimiliki dan dikuasai oleh seorang chef profesional. So, sudah siap jadi chef profesional belum nih? (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

148
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.