LAINNYA

Tips Meningkatkan Konsentrasi Saat Belajar

Lakukan tips ini agar kita lebih fokus dan konsentrasi saat belajar.

Teman KelasKita pasti sering dong mengalami sulit konsentrasi dan fokus saat belajar? Ya, ketidakfokusan yang kita alami ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena kita sedang kelelahan. Namun begitu, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan fokus saat belajar. Coba disimak ya!

 

1. Berhenti Multitasking

Tidak sedikit yang beranggapan kalau multitasking itu hal yang baik. Padahal, hal ini bisa mengganggu fokus dan konsentrasi kita dalam belajar. Jadi, berhentilah melakukan banyak hal sekaligus. Jika ingin tetap fokus maka sebaiknya lepaskan semua gangguan yang kita miliki. Kerjakanlah secara perlahan-lahan dan satupersatu agar konsentrasi kita tidak terus-menerus terpecah.

 

2. Olahraga

Olahraga penting untuk meningkatkan fokus. Olahraga dengan teratur dapat meningkatkan kesehatan otak dan berguna dalam waktu jangka panjang. Olahraga sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan berjalan kaki setiap pagi. Lakukanlah olahraga 30 menit setiap hari. Olahraga juga dapat berdampak baik untuk kesehatan mental kita.

 

3. Istirahat

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk meningkatkan fokus adalah beristirahat dengan cukup. Karena jika kurang tidur dan kurang berisitirahat, kita akan sulit untuk mengingat.

 

4. Meditasi

Melakukan meditasi dapat bantu memfokuskan pikiran kita. Kita bisa berlatih untuk mengatur napas dengan menarik napas kemudian hembuskan secara perlahan-lahan. Kita bisa melakukannya selama 20 menit saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

 

5. Hindari Perut Kosong

Lapar adalah salah satu alasan mengapa kita sulit konsentrasi. Jadi, jika lapar makanlah, kembali lakukan aktivitas setelah perut terisi atau ditemani dengan makan ringan sehingga dapat berkonsentrasi kembali. Tapi ingat ya, jabgan makan sampai terlalu kenyang juga, yang ada malah tidur nanti.

 

Nah itulah tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus saat belajar. Selamat mencoba ya, Teman KelasKita! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

92
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.