LAINNYA

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Yuk lakukan hal ini untuk meningkatkan kepercayaan diri kita!

Memiliki kepercayaan diri itu sangat penting bagi kehidupan manusia, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Meski begitu, masih banyak juga di antara kita yang kurang memiliki kepercayaan diri. Kalau kamu termasuk yang kurang pede, coba lakukan beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan kepercayaan diri. Disimak ya!

 

1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Jika ingin meningkatkan kepercayaan diri, sebaiknya hindari untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena hal ini tidak sehat. Soalnya, semakin banyak kecemburuan yang seseorang alami, semakin buruk perasaan mereka tentang diri mereka sendiri. Jadi, daripada membanding-bandingkan, lebih baik kita fokuspada kehidupan kita sendiri ya.

   

2. Kelilingi diri dengan orang-orang positif

Carilah pertemanan yang positif. Ingat ya, orang-orang yang sering menghabiskan waktu bersama kita itu memengaruhi pikiran dan sikap terhadap diri sendiri. Jadi, pastikan kita memiliki teman yang suportif.

 

3. Merawat tubuh

Tips meningkatkan kepercayaan diri berikutnya yang tidak kalah penting adalah merawat tubuh sendiri.Dengan mengatur pola makan sehat, berolahraga, meditasi, sampai tidur yang cukup akan meningkatkan kualitas hidup kita dan hal ini juga bisa membuat kita lebih percaya diri.

 

4. Bersikap baik pada diri sendiri

Self-compassion alias bersikap baik pada diri akan melatih diri kita lebih fleksibel secara emosional dan bisa meningkatkan hubungan dengan diri sendiri serta orang lain. Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Personality menemukan bahwa self-compassion berkontribusi pada kepercayaan diri yang lebih konsisten.

 

5. Berlatih self-talk positif

Menggunakan self-talk yang optimis dapat membantu menumbuhkan rasa sayang pada diri, mengatasi keraguan diri, dan siap menghadapi tantangan baru. Jadi berusahalah untuk selalu berpikir positif dan hindari memiliki pemikiran negatif dan pesismis, karena hal ini dapat membatasi kemampuan dan mengurangi kepercayaan diri.

 

6. Hadapai ketakutan

Cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah dengan menghadapi ketakutan secara langsung. Jadi, sebisa mungkin singkirkan kecemasan dan ketakutan yang ada dan tetap fokus pada tujuan kita saja.

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Selamat mencoba ya! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

95
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.