KESEHATAN

4 Tips Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebihan

Tips ini bisa dicoba untuk mendukung program diet kita.

Nafsu makan yang berlebihan akan meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan tentunya tidak baik untuk kesehatan. Nafsu makan berlebihan ini biasanya disebabkan oleh pola hidup tidak teratur, kebiasaan begadang, stres, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan:

 

1. Makan tepat waktu

Sebisa mungkin makanlah tepat waktu. Karena jika melewatkan jam makan yang seharusnya, nafsu makan kita cenderung lebih besar pada waktu makan berikutnya. Untuk menurunkan nafsu makan yang berlebihan, makanlah secara teratur 3 kali dalam sehari. Jika masih merasa lapar saat menunggu jam makan selanjutnya, cobalah untuk mengonsumsi cemilan sehat seperti buah-buahan. 

 

2. Tidur yang cukup

Rekomendasi tidur yang cukup untuk usia dewasa anatar 7-8 jam per hari. Ketika seseorang kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon ghrelin dan leptin dalam jumlah yang cukup banyak. Kedua hormon ini berperan dalam merangsang dan meningkatkan nafsu makan. Tidur yang cukup akan mengurangi produksi hormon ghrelin dan leptin sehingga tubuh akan merasa tidak cepat lapar.

 

3. Porsi makan yang cukup

Coba kurangi porsi makan kita. Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa saat makanan disajikan dalam porsi lebih sedikit, peserta cenderung mengurangi porsi makan mereka pada hari berikutnya. Peserta penelitian meyakini bahwa porsi yang telah dikurangi tersebut adalah porsi normal. Jadi mengurangi porsi makan yang sebelumnya lebih banyak dapat menurunkan nafsu makan.  

 

4. Konsumsi buah dan sayur

Kandungan serat yang tinggi di buah dan sayur bisa membantu menurunkan berat badan kita. Proses pencernaan makanan tinggi serat akan lebih sulit dan membutuhkan waktu yang cukup panjang sehingga perut akan terasa penuh lebih lama dan tidak mudah lapar. Inilah yang menjadi alasan mengapa konsumsi buah dan sayuran dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Selamat mencoba ya, Teman Kelaskita! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

109
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.