KESEHATAN

5 Tips Menghentikan Cegukan

Sudah cukup sering dilakukan oleh banyak orang dan terbilang ampuh.

Setiap orang pasti pernah mengalami cegukan. Nah, kalau Teman Kelaskita tiba-tiba mengalami cegukan dan ingin segera menghentikannya, cobalah beberapa tips berikut ini: 

 

1. Minum air

Cara menghentikan cegukan yang paling umum adalah dengan minum air. Minum air sekitar 9 atau 10 teguk dengan cepat berturut-turut bisa membantu menghentikan cegukan. Hal ini dikarenakan saat kita meneguk minuman, kontraksi berirama pada kerongkongan akan mengalihkan kejang pada diafragma.

 

2. Menutup mulut

Saat cegukan, cobalah menutup mulut dengan menangkupkan tangan kita di atas hidung dan mulut, dan tetapterus bernapas dengan normal. Dosis ekstra karbon dioksida akan membantu kita menyingkirkan cegukan.

 

3. Tekan telapak tangan

Cobalah tekan telapak tangan dengan ibu jari tangan kita yang lain. Tekanan yang semakin keras akan semakin baik untuk menghentikan cegukan.

 

Selain itu, kita juga dapat menekan bola ibu jari kiri dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk tangan kanan. Cara ini bisa menghentikan cegukan karena tekanan tersebut dapat memengaruhi sistem saraf kita.

 

4. Pijat leher

Hal ini juga bisa dilakukan untuk menghentikan cegukan. Cobalah memijat pelan atau gosok arteri karotis di sisi kanan dan kiri leher kita. Cukup letakkan kedua tangan pada karotis lalu putar kepala berlawanan arah jarum jam. Lakukan pijatan ini selama 5 hingga 10 detik hingga cegukan berkurang.

 

5. Tahan nafas

Hal ini juga sudah banyak diketahui dan umum dilakukan. Kita hanya perlu menahan nafas sekitar 10-20 detik. Lalu menelan saat dirasa cegukan akan muncul kembali. Setelah itu, ulangi hal ini sebanyak 2-3 kali atau sampai cegukan mulai berkurang. Penumpukan karbon dioksida di paru-paru akan membuat diafragma kita menjadi rileks.

 

Itu dia beberapa tips untuk menghentikan cegukan. Selamat mencoba ya, Teman Kelaskita! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

144
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.