KECANTIKAN

Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Coba lakukan enam hal ini agar pori-pori wajah kamu tidak terlihat besar.

Banyak faktor yang menyebabkan pori-pori wajah kita jadi membesar, seperti terjadinya produksi minyak berlebih pada kulit wajah, kerusakan akibat terpapar sinar matahari, penurunan elastisitas kulit, sampaikesalahan penggunaan produk perawatan kulit.

 

Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa cara untuk meminimalisir agar pori-pori kulit wajah kita tampak lebih kecil dan wajah terlihat halus. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita coba:

 

1. Bersihkan wajah secara rutin

Pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kulitmu termasuk kulit berminyak, gunakan produk pembersih berbahan dasar gel. Sedangkan untuk kulit kering kamu dapat memilih pembersih jenis krim. Hindari yang mengandung bahan sabun ataupun bahan scrub yang keras. Oh iya, pada saat mengeringkan wajah setelah dibilas air cukup dilakukan dengan menepuk-nepuk saja, jangan digosok.

 

2. Pakai pelembab

Selalu gunakan pelembab wajah. Bahkan meskipun kita memiliki kulit berminyak, kita tetap disarankan menggunakan produk pelembab berbahan dasar air yang bersifat ringan.

 

3.  Gunakan sunblock

Penggunaan tabir surya alias sunblock dapat mengurangi risiko kekeringan pada kulit yang bisa membuat pori-pori terlihat besar. Gunakan sunblock dengan nilai SPF minimal 30 dan oleskan sebelum kita beraktivitas di luar

 

4. Lakukan eksfoliasi 

Eksfoliasi adalah suatu cara mengangkat sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit sehingga akan membuat kulit beregenerasi alias merangsang sel-sel baru tumbuh. Lakukan eksfoliasi paling sering 1 sampai 2 kali setiap minggu dan jangan dilakukan saat sedang berjerawat.

 

5. Gunakan masker tanah liat

Masker tanah liat dipercaya mampu membantu menghilangkan minyak, kotoran dan sel kulit mati sampai ke dalam pori-pori kulit. Ini akan membuat penampilan pori-pori terlihat  lebih kecil. Lakukan satu sampai dua kali seminggu, namun tidak bersamaan dengan proses eksfoliasi untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

 

6. Selalu bersihkan wajah sebelum tidur

Kosmetik yang tidak dibersihkan dari wajah akan bercampur dengan kotoran, minyak serta bakteri semalaman yang dapat menyumbat pori-pori. Hal ini akan membuat pori-pori tampak membesar ketika bangun esok hari.

 


Itu dia beberapa cara yang dapat kita coba untuk merawat dan memperkecil penampilan pori-pori kulit wajah. Selain enam hal di atas, jangan lupa juga untuk banyak mengonsumsi air putih setiap harinya. Air putih bisa membantu melembabkan kulit dan mengeluarkan racun dari pori-pori. Disarankan untuk minum setidaknya delapan gelas air. Selamat mencoba! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

138
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.