KESEHATAN

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Lakukan 9 hal ini dengan disiplin, lemak-lemak di perut dijamin luntur!

Buat sebagian orang, memiliki perut buncit dianggap kurang ideal dan mengganggu penampilan. Perut buncitini bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti pola makan tidak seimbang, kebiasaan kurang bergerak atau berolahraga, genetik, stres, konsumsi alkohol, ataupun kurang tidur.

 

Sementara, untuk menghilangkan lemak di area perut bisa dibilang susah-susah gampang. Dibutuhkan keseriusan, motivasi dan konsistensi agar hasil yang didapat maksimal. 

 

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengecilkan perut buncit:

 

1. Kurangi asupan kalori

Tubuh kita membutuhkan kalori untuk dijadikan sebagai energi, tapi, asupan kalori yang berlebihan dapat membuat berat badan naik. Hal ini dikarenakan kalori akan disimpan di dalam tubuh sebagai jaringan lemak untuk cadangan energi.

 

Nah, untuk mengurangi berat badan atau mengecilkan perut buncit, kita harus membatasi asupan kalori harian melalui diet kalori. Dengan berkurangnya jumlah asupan kalori, tubuh akan memecah lemak yang tersimpan untuk dijadikan energi. Saat kalori keseluruhan menurun, praktis lemak di perut juga berkurang.

 

2. Makan protein lebih banyak

Protein dapat meningkatkan hormon yang membuat kita merasa kenyang dan membuat kita jadi tidak gampang merasa lapar untuk jangka waktu yang lebih lama. Pilih protein rendah lemak untuk mengecilkan perut buncit seperti ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, atau kacang-kacangan.

 

3. Konsumsi banyak buah dan sayuran

Sayur dan buah kaya akan nutrisi dan serat yang dibutuhkan badan kita. Serat juga akan membuat kitamerasakan kenyang lebih lama karena serat akan menahan makanan lebih lama di saluran pencernaan. 

 

4. Hindari minuman manis

Kita harus menghindari atau minimal sangat membatasi mengonsumsi minuman manis. Penelitian menunjukkan, kebiasaan mengonsumsi minuman manis terkait dengan kenaikan berat badan, obesitas, dan diabetes tipe 2.

 

Gula dari minuman manis seperti soda, jus, atau boba gampang diserap ke dalam aliran darah dan memacu insulin yang menyebabkan kita mudah merqasa lapar dan ingin terus makan.

 

5. Banyak bergerak

Kalau selama ini kita lebih banyak duduk, mulailah lebih aktif bergerak. Kebiasaan aktif bergerak ditambah pengaturan pola makan dengan gizi seimbang bisa mengontrol berat badan dan menjadi solusi terbaik untuk mengecilkan perut buncit. 

 

6. Olahraga rutin

Setiap jenis olahraga dan aktivitas fisik pada dasarnya dapat membakar kalori dan membantu mengurangi lemak di perut. Olahraga yang biasanya dilakukan adalah latihan kardio (jogging, berenang) atau angkat berat.Namun khusus untuk mengencangkan otot perut, kita dapat melakukan olahraga seperti plank, sit-up, burpees, dan lain-lain.

 

7. Hindari stres

Meski mungkin tidak mudah, tapi usahakan sebisa mungkin agar kita menghindari stress. Hormon stres atau kortisol erat kaitannya dengan lemak perut dan kenaikan berat badan. Penelitian mengungkap bahwa orang yang memiliki kadar kortisol tinggi untuk jangka waktu yang lama, cenderung mengalami obesitas dan perut buncit.

 

8. Intermitten fasting/ puasa

Intermitten fasting juga bisa menjadi cara mengecilkan perut buncit. Salah satu yang banyak dilakukan adalah makan dalam 8 jam dan berpuasa selama 16 jam berikutnya. Melakukan metode puasa seperti ini selama 2-6 bulan bisa jadi menghilangkan 7 persen lemak di perut. 

 

9. Istirahat atau tidur cukup

Kurang tidur bisa memengaruhi proses metabolisme tubuh dalam mencerna makanan. Jadi, coba atur kembali jadwal tidur kita sebagai bagian dari cara mengecilkan perut buncit secara alami. Usahakan kita istirahat selama 7-8 jam sehari untuk hasil yang maksimal

 

 

Itu dia beberapa tips untuk mengecilkan perut buncit yang bisa Teman Kelaskita lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

132
2
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.