PSIKOLOGI

Tips Mengatasi Ketakutan Naik Pesawat Terbang

Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu kita untuk mengurangi ketakutan naik pesawat terbang.

Bagi kebanyakan orang, naik pesawat mungkin hal yang biasa saja. Tapi sebenarnya, tidak sedikit juga yang merasa tidak nyaman dan takut untuk naik pesawat terbang. Hal ini berbeda-beda pada sebagian orang tergantung oleh respon kecemasan orang tersebut.

 

Lantas, bagaimana kita bisa mengurangi kecemasan ketika harus terbang dengan pesawat? Berikut beberapa tipsnya:

 

1. Memahami tentang turbulensi 

Turbulensi disebabkan arus angin miring yang menyebabkan pesawat sedikit bergoyang. Tak perlu khawatir, pesawat tentunya sudah dirancang khusus dalam menangani maupun meminimaslisir terjadinya turbulensi. Bahkan saat ini sudah ada teknologi pesawat terbang yang digunakan untuk memprediksi area turbulensi. Hal ini memungkinkan pilot dapat menghindari dan membuat perjalanan kita semulus mungkin. 

 

2. Pelajari fitur keselamatan pesawat 

Agar merasa lebih tenang, sebelum terbang, kita bisa mempelajari terlebih dahulu fitur keselamatan pesawat, sehingga jika kita mengahadapi hal tak terduga, kita sudah mengetahui cara mengantisipasinya. 

 

3. Komunikasi dengan pramugari 

Ketika kita merasa tidak nyaman, kita bisa mengkomunikasi kondisi kita dengan pramugari yang bertugas. Para pramugari/a ini juga dilatih menangani berbagai insiden kesehatan yang mungkin bisa terjadi di dalam pesawat seperti hiperventilasi muapun pingsan.

 

4. Pilih tempat duduk yang nyaman 

Pilihlah posisi tempat duduk yang paling nyaman untuk kita selama penerbangan berlangsung. Hindari kursi yang bisa memicu keresahan kita. Misalnya jika kita punya masalah ketakutan dengan ketinggian, jangan pilih kursi yang dekat dengan jendela. 

 

5. Konsultasi dengan ahli

Jika rasa ketakutan benar-benar tidak bisa terkendali, sebaiknya kita berkonsultasi dengan ahlinya untuk membantu menemukan solusi terbaik untuk mengatasi rasa takut saat terbang ini. Selain melalu metode terapi, beberapa dokter atau psikiater mungkin dapat meresepkan obat anti-kecemasan untuk membantu seseorang yang gugup saat terbang. Selain itu, metode hipnotis juga bisa menjadi pilihan. 

 

6. Alihkan perhatian 

Kita bisa mengalihkan perhatian selama penerbangan dengan melalukan hal yang kita suka, seperti menonton film, mendengarkan musik, atau membaca majalah. 

 

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ketakutan naik pesawat. Oh iya, sebisa mungkin kita harus tetap memberanikan diri untuk terbang dengan pesawat ya, Teman Kelaskita. Karena jika kita benar-benar ingin mengatasi rasa takut ketika terbang, hal terbaik yang dapat dilakukan untuk diri sendiri adalah menghadapinya dan naik pesawat. Semoga bisa membantu ya! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

137
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.