BISNIS

Tips Mendapatkan Modal Usaha dari Investor

Sebelum menulis proposal untuk pembiayaan usaha, ada sebaiknya kita lakukan beberapa hal ini terlebih dahulu.

Setiap pengusaha wajib untuk meriset secara menyeluruh sebelum terjun ke dunia bisnis. Mulai dari peluang pasarnya, tantangannya, kendalanya, termasuk bagaimana cara mencari modal dalam mendirikan sebuah bisnis.

 

Tidak bisa dipungkiri, kalau mengumpulkan dana untuk membangun usaha adalah bagian penting untuk memulai bisnis sendiri. Jadi, sebelum menulis proposal untuk pembiayaan usaha, ada sebaiknya kitamempersiapkan diri terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan sebelum menyusunproposal pembiayaan bisnis.

 

1. Buat rencana bisnis yang rinci

Penjabaran bisnis secara detail adalah dasar dari setiap rencana bisnis yang sukses. Ini akan jadi gambaran bagaimana proyeksi jalannya perusahaan selama beberapa tahun ke depan. Tanpa rencana bisnis yang tepat, investor tidak akan dapat melihat nilai investasi yang ada dalam bisnis dan hal tersebut membuat para investor enggan membiayai bisnismu.

 

2. Minta saran dari yang berpengalaman

Kumpulkan masukan dan saran keuangan dari pengusaha maupun investor berpengalaman. Hal ini akan sangat membantu kita, karena bisa belajar dari pengalaman mereka sebelumnya. Misalnya info mengenaiperusahaan pinjaman yang tepat untuk mendapatkan pinjaman usaha dengan suku bunga terendah.

 

3. Membangun networking

Bangunlah jaringan dan jalin hubungan dengan orang-orang yang berorientasi pada kesuksesan. Hal ini akanmembantu kita mengembangkan bisnis secara signifikan, termasuk tips-tips cara mendapatkan pendanaan awal. Kita juga bisa coba membangun relasi secara online untuk mengembangkan jalur networking menjadi lebih luas.

 

4. Buat anggaran keuangan

Anggaran keuangan adalah aspek penting dari sebuah rencana bisnis. Sebagian besar pemberi pinjaman meminta anggaran rinci sebelum mengucurkan dana. Jadi buatlah proyeksi anggaran sedetail mungkin.

 

Itu dia beberapa tips untuk mendapatkan modal usaha dari investor. Selamat mencoba dan semoga sukses! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

170
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.