FASHION

Tips Mencuci Sneakers

Coba ikuti tips berikut ini untuk membersihkan sneakers favoritmu di rumah.

Saat ini, sneakers bisa dibilang salah satu fashion item wajib yang dimiliki hampir semua orang. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa banyak menggunakan sepatu sneakers ini untuk beraktivitas harian. Bahkan tidak sedikit juga yang mengoleksi sneakers ini

 

Untuk menjaga kebersihan sneakers kesayangan, kita perlu mencucinya secara berkala. Namun, mencuci sepatu sneakers pun tidak bisa sembarangan, dan sebaiknya disesuaikan dengan masing-masing bahannya. Oleh sebab itulah, tidak semua bahan sneakers dapat dicuci atau dibersihkan dengan cara yang sama.

 

Nah, berikut ini tips mencuci atau membersihkan sneakers dengan benar:

 

1. Pakai sikat gigi

Salah satu benda esensial yang kita butuhkan untuk mencuci sneakers kesayangan adalah sikat gigi. Untuk membersihkannya, kita bisa membasuh sikat gigi dengan sedikit air, kemudian sikatlah bagian sneakers yang kotor dengan satu arah.

 

Cara ini berlaku untuk semua sneakers, terutama bahan knit supaya bulu-bulunya tidak rontok. Sementara untuk sneakers berbahan kanvas, sebaiknya kita menggunakan sikat gigi yang lebih lembut.

 

2. Gunakan sabun khusus sneakers

Untuk mencuci sneakers, sebaiknya menggunakan sabun khusus sneakers atau minimal shampoo, dan tidak disarankan menggunakan deterjen atau sabun mandi. Sebab, di dalamnya mengandung bahan kimia dan pemutih yang cukup keras apabila diaplikasikan pada sneakers.

 

3. Baking soda dan air hangat

Larutan baking soda dan air hangat bisa kita gunakan untuk mengatasi noda membandel di sepatu sneakers putih kita. Caranya, larutkan baking soda dengan air hangat, kemudian bersihkan noda sneakers dengan sikat berbahan lembut.

 

4. Penghapus pensil karet

Mungkin belum banyak yang tau kalau penghapus pensil karet putih bisa kita pakai untuk menghilangkan noda di sepatu. Kamu cukup menggosokkan secara lembut penghapus pensil tersebut pada area sepatu yang kotor, sampai benar-benar bersih.

 

5. Jangan jemur langsung terkena matahari

Setelah mencuci, jangan menjemur sepatu kita langsung di bawah sinar matahari terik. Karena paparan sinar matahari langsung akan bisa merusak bagian luar sneakers kita. Karena itu, untuk mengeringkan sepatusetelah dibersihkan cukup diangin-anginkan saja di ruangan terbuka.

 

Itu dia beberapa tips mencuci sepatu snekers secara umum. Yang perlu diingat, cara mencuci sepatu ini berbeda-beda sesuai bahannya. Untuk lebih detail mengenai cara mencuci sepatu berdasarkan bahan, akan kita bahas di artikel lainnya. Pantengin terus di Kelaskita ya! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

168
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.