FASHION

Tips Mencuci Jeans Kesayangan

Agar jeans kesayangan kita tetap awet, coba lakukan tips berikut ini untuk mencuci jeans.

Jeans bisa dibilang termasuk fashion item favorit di seluruh dunia. Kayaknya hampir setiap orang punya setidaknya satu celana jeans di dalam lemarinya. 

 

Meski begitu, masih banyak juga yang belum tahu cara mencuci jeans yang benar agar tetap awet. Ada yangpercaya kalau mencuci jeans harus manual dengan tangan, ada yang santai aja pakai mesin cuci, dan malah ada yang percaya kalau jeans tidak perlu dicuci agar looks-nya makin kece.

 

Lantas, bagaimana sih cara mencuci jeans yang benar agar tetap awet? Berikut ini ada beberapa tipsnya: 

 

1. Cuci setiap beberapa kali pemakaian 

Good Housekeeping Institute Cleaning and Textiles Labs menyarankan, mencuci jeans sebaiknya dilakukan setelah tiga sampai empat kali pemakaian agar warnanya tetap bagus dan materialnya pun tetap awet. 

 

2. Balik jeans sebelum dicuci 

Balik jeans kita sebelum dicuci dengan tangan ataupun mesin. Dengan begitu, warna jeans kita akan lebih terjaga. Jangan lupa mengancingkan jeans dan menaikkan ritsleting agar bahan jeans tetap kuat dan mencegah barang lain tersangkut. 

 

3. Pisahkan jeans sesuai warna 

Sebelum mencuci, pisahkan jeans berwarna gelap dan terang terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko suatu jeans terkena lunturan warna jeans lainnya. 

 

4. Gunakan deterjen khusus 

Untuk menjaga kualitas jeans tetap baik, kita bisa menggunakan deterjen khusus jeans, yang memang dibuat untuk mempertahankan warna. Kandungannya membantu kain menahan pewarna dan mematikan klorin dalam air. Selain itu, jangan lupa untuk merendamnya dalam air dingin dalam waktu singkat. 

 

5. Jemur dalam keadaan terbalik

Saat menjemur, biarkan jeans tetap dalam keadaan terbalik. Jika mengeringkannya dengan mesin, pilih pengaturan panas rendah dan siklus yang pelan. Pastikan jeans kering merata, namun jangan sampai terlalu lama membiarkannya terlalu lama di dalam mesin pengering. 

 

6. Angin-anginkan

Jika mengeringkan jeans menggunakan mesin, keluarkan saat kondisinya lembap. Setelah itu, kebaskan jeans, ratakan kerutan, lalu gantung jeans, dan biarkan mengering sendiri dengan diangin-anginkan. Mengeringkan terlalu lama di dalam mesin pengering dapat menyebabkan jeans menyusut serta melar.

 

Itu dia beberapa tips menyuci jeans kesayangan agar tetap awet. Selamat mencoba! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

111
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.