PERSONAL BRANDING

Tips Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate

Mencari pekerjaan selepas lulus sekolah adalah tantangan bagi setiap fresh graduate. Simak tips cari kerja bagi fresh graduate di sini.

Tantangan bagi fresh graduate atau orang-orang yang baru lulus sekolah tentu saja adalah mencari pekerjaan alias mulai berkarier. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Teman Kelaskita bisa lakukan untuk mencari kerja selepas lulus sekolah.

 

1. Kenali potensi diri

 

Kita harus mengenal lebih dalam kemampuan dan potensi diri kita. Cari tau hal-hal apa saja yang kita kuasai, minati dan terus dalami hal-hal tersebut. Semakin banyak skill yang kita kuasai disertai dengan attitude yang baik, akan menjadi modal yang baik untuk melamar pekerjaan. 

 

2. Bangun networking

 

Membangun networking sangatlah penting. Kita harus selalu selalu membangun relasi dan berteman sebanyak-banyaknya. Relasi yang luas bisa memperbesar kesempatan karier baru kita ke depannya. 

 

3. Miliki pemberi referral

 

Rujukan dari seseorang yang kompeten seperti dosen atau atasan di kantor akan menunjang validasi performa dan value kita sebagai seorang profesional. Banyak perusahaan yang meminta data orang yang bisa mereferensikan kita sebagai pekerja. Hal ini akan menaikkan kemungkinan kita di-hire karena skill dan performance kita ada yang “menjamin”.

 

4. Lamar berbagai lowongan kerja

 

Siapkan dengan baik CV dan portfolio kita untuk melamar pekerjaan yang kita incar. Kita dapat mencari informasi lowongan kerja melalui berbagai website pencarian kerja ataupun media sosial. Kirim lamaran sebanyak-banyaknya dan jangan lupa mencatat pekerjaan atau perusahaan mana yang kita apply.

 

5. Set ekspektasi

 

Jangan berharap baru lulus kita bisa langsung jadi manager. Karier itu butuh proses. Tanpa pengalaman, portfolio, atau skill-set yang mumpuni, jangan berharap untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan secara langsung saat baru saja lulus. Untuk itu, kita harus mencari pengalaman, bangun portfolio, dan terus mengasah dan memperkaya kemampuan kita.

 

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membangun karier selaku fresh graduate. Untuk yang masih mencari kerja, terus semangat! Sambil menunggu, kita juga bisa memperkaya ilmu dengan mengikuti kursus-kursus, webinar, atau kelas-kelas online seperti di Kelaskita.com, yang notabene memberikan e-certificate buat kita yang telah mengkuti kelasnya. Hal ini tentu bisa menjadi modal tambahan saat kita akan melamar pekerjaan nantinya. (Erick) 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

114
1
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.