PERSONAL BRANDING

Tips Memulai Kerja Bagi Karyawan Baru

Teman Kelaskita akan memulai kerja di tempat baru? Baca dulu tips berikut ini.

Hari pertama bekerja biasanya jadi momen yang cukup menegangkan bagi karyawan baru. Meski begitu, kita tentu wajib beradaptasi di tempat kerja baru. Supaya bisa memberikan kesan hari pertama kerja yang baik, kita perlu melakukan beberapa hal. Berikut ini beberapa tips yang bisa karyawan lakukan ketika memasuki hari pertama kerja di perusahaan baru.

 

1. Persiapan matang

Persiapan matang pastinya jadi salah satu kunci untuk memulai pekerjaan baru. Baca-baca berita tentang perusahaan, kunjungi web perusahaan, dan lihat-lihat konten social medianya akan jadi bekal yang baik untuk memulai hari pertama bekerja.

 

2. Cari teman

Di awal mulai bekerja, kita akan membutuhkan seorang teman yang bisa membantu menjelaskan bagaimana tugas yang harus dilakukan. Untuk permulaan, kita bisa bertanya kepada manajer kita apakah ada seseorang di dalam tim yang bisa membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kecil dari kita nantinya.

 

3. Membangun hubungan yang baik

Bangunlah hubungan yang baik dengan rekan kerja kita. Mungkin sesekali kita bisa minum kopi bareng saat istirahat, makan siang bersama, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk bisa beradaptasi dengan rekan kerja. Selain itu, juga bisa membantu membangun hubungan yang baik dengan mereka. 

 

4. Memahami keinginan manajer

Setiap manajer atau atasan pasti memiliki karakter dan cara bekerjanya masing-masing. Kita harus bisa memahami karakter dan keinginan atasan kita ini. Jangan segan-segan untuk bertanya langsung ke mereka, bagaimana keinginan mereka dalam kita bekerja.

 

5. Meminta feedback atasan

Di bulan-bulan pertama, tidak ada salahnya untuk kita rutin meminta feedback berupa penilaian, saran, dan masukan dari atasan kita. Dengan begitu, kita bisa mengevaluasi dan meningkatkan apa yang perlu kita perbaiki dalam bekerja. 

 

Itu dia beberapa tips memulai kerja untuk karyawan baru yang bisa dilakukan. Mungkin di awal-awal akan memerlukan sedikit adaptasi, yang pasti tetap sabar dan terus semangat. Selamat bekerja! (Erick)

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

134
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.