KEUANGAN

Tips Memulai Investasi Bagi Pekerja Kantoran

Teman KelasKita ada yang pekerja kantoran dan ingin belajar cara investasi? Coba simak tips investasi berikut ini.

Mengenai bagaimana pentingnya berinvestasi sejak dini tentu sudah diketahui dan disadari banyak orang saat ini. Tapi bagaimana cara memulai investasi yang bijak? Terutama bagi para pekerja kantoran yang notabene mengandalkan gaji sebagai modal investasi. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diikuti jika ingin memulai investasi baik investasi jangka pendek ataupun investasi jangka panjang.

 

1. Kenali dan pelajari ragam produk investasi

Tentunya sebelum memulai investasi, kita harus lebih dulu mempelajari berbagai jenis dan cara kerja produk-produk investasi. Karena itu, ada wajib mengetahui investasi, pengertian, cara kerja, untung serta rugi, termasuk tips dalam memilihnya sesuai kebutuhan dan profil risiko.

 

2. Pilih produk investasi yang paling pas dengan kebutuhan

Setelah mempelajari berbagai jenis investasi, langkah selanjutnya adalah memilih produk investasi yang dirasa paling pas dengan kebutuhan. Kita bisa berangkat dari apa tujuan kita investasi, misalnya, untuk membeli rumah, dana berlibur, maupun dana pendidikan, termasuk jangka waktu pengumpulannya. Setelah itu, sesuaikan tujuan dan jangka waktu investasi tersebut dengan instrumen yang tepat. 

 

Jika jangka pendek, usahakan untuk memilih produk investasi berisiko rendah, seperti, deposito atau reksa dana pasar uang. Sebaliknya, jika jangka waktu investasi di atas 5 tahun, instrumen investasi berisiko tinggi seperti saham mungkin akan lebih ideal untuk dipilih karena mampu memberikan potensi keuntungan yang lebih besar.

 

3. Mulai dari jumlah kecil

Investasi tidak harus jumlah besar, kita bisa memulai investasi dengan nominal yang kecil terlebih dulu sembari membiasakan diri dan belajar memahami cara kerjanya. Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang bisa kita pilih dengan modal kecil, mulai dari 100 ribu rupiah, bahkan ada yang bisa di bawah itu.

 

4. Menjaga komitmen untuk rutin berinvestasi

Setelah mulai memahami cara kerja investasi, proses pembelian, dan juga penjualannya, langkah selanjutnya yang penting untuk dilakukan adalah memulai dan membiasakan diri untuk rutin menanam modal. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah menyisihkan sebagian penghasilan dengan nominal dana yang tetap setiap bulannya, atau coba aktifkan fitur auto debit agar kita bisa selalu berinvestasi secara rutin dengan nominal yang telah ditentukan sesuai kondisi finansial dan tujuan investasi.

 

 

Itu dia beberapa tips cara memulai investasi yang bisa dilakukan. Selamat berinvestasi ya, Teman KelasKita! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

158
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.