BISNIS

Tips Memulai Bisnis Thrift Shop

Salah satu bisnis yang mendukung gaya hidup berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Bisnis thrift shop atau jual beli barang second belakangan ini cukup menjanjikan, apalagi dengan semakin banyaknya peminat dari barang-barang second berkualitas ini. Jika ingin mencoba berbisnis ini, Teman Kelaskita bisa mencoba beberapa tips berikut ini: 

 

1. Tentukan barang

Untuk memulai bisnis thrift shop, kita harus menentukan dengan spesifik barang apa yang mau kita jual. Yang paling umum dijual adalah barang-barang fashion seperti pakaian, sepatu, dan tas. Inipun sebisa mungkin harus lebih kita spesifikkan lagi, apakah pakaian pria, wanita, style seperti apa, dan lain sebagainya.

 

Pemilihan barang ini akan memudahkan kita untuk menentukan modal dan distributor tempat kita membeli barang. Lakukan survey kepada distributor agar mendapatkan barang dengan kualitas bagus namun berharga miring.

 

2. Perhatikan Kebersihan Produk

Meski barang bekas, kita  tetap harus memperhatikan kebersihan produk yang akan kita jual. Kita bisa mencuci terlebih dahulu barang sebelum kita display. Barang yang bersih dan pengemasan yang rapi akan meningkatkan nilai jual. Di samping itu kebersihan produk juga bisa meningkatkan kepuasa konsumen.

 

3. Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar sangatlah penting bagi setiap pebisnis. Pasalnya, target pasar yang jelas akan menajdi patokan dasar untuk pemilihan jenis barang, harga jual, strategi promosi, dan lain-lainnya. 

 

4. Pemasaran dan promosi

Kita bisa memasarkan dan mempromosikan produk dagangan kita via marketplace dan social media. Untuk menentukan strategi promosi ini perlu disesuaikan dengan target market kita. Pilihlah social media dan marketplace yang sesuai dengan target kita.

 

Itu dia beberapa cara mulai usaha thrift shop yang bisa kita lakukan. Perlu diketahui juga, kalau dengan menggunakan barang bekas layak pakai juga merupakan bagian dari gaya hidup berkelanjutan yang ramah lingkungan. (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

152
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.