BISNIS

Tips Memulai Bisnis Frozen Food

Teman Kelaskita ingin coba berbisnis frozen food? Simak dulu tipsnya di sini.

Saat ini, banyak dari kita yang ingin mencoba bisnis kecil-kecilan untuk menambah pemasukan. Salah satu bisnis yang cukup banyak diminati adalah frozen food alias makanan beku.

 

Selain memang jenis makanan ini banyak peminatnya, enaknya dari berbisnis frozen food adalah kita bisa menyimpan stoknya lebih lama di dalam kulkas.

 

Kalau Teman Kelaskita ingin mencoba, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjalankan bisnis frozen food. Disimak ya:

 

1. Tentukan jenis yang ingin dijual

Ada banyak banget jenis frozen food. Untuk merintis, kita tidak mungkin langsung menjual semua jenisnya. Sebaiknya kita memilih pada beberapa jenis terlebih dahulu agar bisa lebih fokus berjualan dan mengembangkan bisnis frozen food yang dijalankan.

 

2. Pilih supplier terpercaya

Jangan asal membeli frozen food di sembarang supplier atau produsen. Pilihlah supplier terpercaya yang sudah terbukti menyediakan frozen food berkualitas baik.

 

3. Buat brand sendiri

Kita bisa mem-branding ulang frozen food yang kita jual. Pilihlah nama dan desain branding yang unik dan menarik agar orang mudah mengingatnya.

 

4. Perhatikan tanggal kadaluwarsa produk

Meski bisa disimpan dalam waktu yang lama, frozen food tetap memiliki expired date. Jadi, sebelum kita menyetok produk dalam jumlah banyak, cek dulu ke supplier kita kapan tanggal kadaluwarsa produk-produk tersebut. 

 

5. Pastikan kemasan tidak rusak

Pastikan kemasan frozen food yang yang akan kita jual dalam kondisi yang baik. Jangan sampai ada yangbolong atau rusak yang bisa produk kita cepat basi.

 

6. Maksimalkan media sosial dan market place

Untuk memajukan usaha, kita wajib memaksimalkan penggunaan sosial media dan market place untuk berpromosi ataupun berjualan produk frozen food dagangan kita. Siapkan foto dan tampilan yang bagus agar bisa menarik perhatian calon pelanggan. 

 

7. Kelola keuangan dengan baik

Meski menjalankan bisnis rumahan, kita wajib mengelola keuangan bisnis dengan bijak. Pisahkan rekening usaha dengan pribadi untuk memudahkan kita mengontrol dan menganalisa arus kas. Dengan pengelolaan keuangan yang benar, maka bisnis yang kita jalankan akan bisa berkembang lebih besar.

 

8. Gunakan jasa pengiriman tercepat

Agar kondisi makanan tetap terjaga selama pengiriman, pilihlah jasa ekspedisi yang tercepat/ instan. Karena semakin lama di perjalanan tanpa lemari pendingin, akan berpotensi mengakibatkan makanan kita rusak.

 

Itu dia beberapa tips buat kamu yang ingin mencoba berbisnis frozen food. Kalau Teman Kelaskita ada yang sudah berpengalaman berbisnis frozen food, boleh dong dibagi ceritanya di kolom komen. Mau nambahin tips lainnya juga boleh banget lho. (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

109
2
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.