KESEHATAN

Tips Memperbaiki Jam Tidur

Tidur yang cukup dan teratur akan bantu menjaga sistem imun tubuh kita. Baca tips berikut ini untuk memperbaiki jam tidur agar maksimal.

Sangatlah penting untuk kita memiliki rutinitas tidur yang teratur dan sehat. Karena istirahat atau tidur yang cukup bisa bantu menjaga sistem imun serta menjaga kesehatan fisik dan mental. 

 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, para ahli menyarankan tidur teratur dengan durasi yang cukup sekitar 7-8 jam sehari. Sayangnya, banyak faktor yang dapat merusak rutinitas tidur sehingga tidur kurang dari segi kuantitas maupun kualitas.

 

Untuk mengatasinya, kita bisa coba untuk menjadwalkan ulang jam tidur kita, sampai pikiran dan tubuh terbiasa dengan rutinitas ini. Berikut ini ada beberapa tips memperbaiki jam tidur yang bisa Teman Kelaskita lakukan.

 

1. Memajukan waktu tidur

Untuk yang terlanjur terbiasa tidur larut malam, kita harus pelan-pelan mengubah kebiasaan ini. Kita bisa memajukan jam tidur kita perlahan-lahan. Misalnya  kita usahakan untuk tidur 15 menit lebih awal, lalu setiap dua atau tiga hari kita majukan lagi 15 menit. Begitu seterusnya sampai kita mencapai target jam tidur yang diinginkan.

 

2. Hindari tidur siang

Tidur siang berpotensi mengganggu waktu tidur di malam hari. Untuk itu, usahakan tidak tidur siang meski merasa lelah. Kita bisa coba mengalihkan berolahraga jika ada keinginan tidur siang, karena olahraga akan bisa mengusir rasa kantuk. 

 

3. Berjemur

Cahaya matahari akan membantu memperbaiki ritme sirkadian di tubuh kita. Ritme sirkadian adalah siklus 24 jam yang merupakan bagian dari jam internal tubuh, yang penting untuk mengelola keseimbangan antara tidur dan terjaga, membantu tetap waspada atau mengantuk di waktu yang tepat.

 

Saat terkena cahaya, otak mengirimkan sinyal yang berkaitan dengan terjaga. Kemudian saat paparan cahaya berkurang, sinyal beralih untuk meningkatkan relaksasi dan tidur.

 

4. Jauhkan gadget di malam hari

Pancaran cahaya dari gadget (blue light) juga bisa mempengaruhi jam sirkadian tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya batasi akses gadget di malam hari. Misal, jauhkan handphone kita 1 jam sebelum tidur. Sebagai gantinya, kita bisa membaca buku atau mendengarkan musik agar rileks menjelang tidur.

 

5. Bangun di jam yang sama setiap harinya

Konsisten adalah kunci memperbaiki jam tidur. Usahakan kita tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Dengan begini, tubuh kita akan punya “alarmnya” sendiri. 

 

6. Hindari makan dan olahraga sesaat sebelum tidur

Kita harus menyesuaikan kegiatan lain agar tidak menginterupsi tidur, terutama makan dan olahraga. Karena olahraga bisa membuat kita terjaga, dan makan berat sebelum tidur juga kurang baik. Selain itu, hindari juga kafein dan nikotin menjelang tidur.

 

7. Ciptakan suasana kamar yang kondusif

Untuk mendukung istirahat yang maksimal, jangan lupa untuk menciptakan suasana kamar yang kondusif. Seperti mengatur suhu ruangan yang sesuai, aroma menenangkan, kasur nyaman, dan pencahayaan yang redup atau gelap.

 

Nah, itu dia beberapa tips untuk memperbaikin dan mengatur jam tidur kita agar lebih teratur dan sehat. Selamat mencoba ya, Teman KelasKita! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

82
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.