HEWAN PELIHARAAN

Tips Memotong Kuku Kucing

Lakukan ini agar kucing merasa nyaman dan tidak berontak saat kukunya dipotong.

Memotong kuku kucing seringkali menjadi tantangan terbesar bagi pemilik kucing. Bagaimana tidak, kebanyakan kucing selalu berontak ketika kita akan melakukan hal ini. Namun jika dilakukan dengan tepat, kucing bisa dilatih untuk tenang dan bahkan menikmati proses pemotongan kuku ini.

 

Nah, berikut ini ada beberapa tips memotong kuku kucing supaya mereka tidak memberontak.

 

1. Lakukan di tempat yang tenang

Idealnya, pemotongan kuku ini perlu dibiasakan sejak kucing masih kecil. Supaya lebih mudah, lakukan di tempat yang tenang dan potong kuku kucing saat mereka mengantuk, misalnya setelah makan. Jauhkan kucing dari hal-hal yang bisa menarik perhatian mereka, seperti kehadiran hewan lain, misalnya.

 

2. Atur posisi nyaman 

Sebelum memotong kuku kucing, buatlah mereka nyaman saat kita mencoba memegang kakinya. Caranya, letakkan kucing di pangkuan dengan wajah yang tidak menghadap ke arah kita, lalu pegang satu kaki kucing di antara jari-jari kita dan gosok secara lembut selama tiga detik. Jika kucing bergerak, ikuti gerakannya dengan lembut.

 

Setelah itu, remas cakarnya sampai satu kuku memanjang dan lepaskan segera dengan memberinya belaian lembut. Lakukan cara ini berulang, sampai kucing tidak menunjukkan penolakan.

 

3. Mengenalkan clipper

Agar kucing tidak stres, biarkan mereka terbiasa melihat gunting kuku. Kita bahkan bisa menaruh cemilan di dekat gunting kuku untuk membuat kucing ikut mengendus dan mulai mengenalinya.

 

Untuk mengurangi ketakutan akan suara guntingan kuku, kita bisa memanfaatkan mie spaghetti kering. Jadi, letakkan sepotong spageti kering di dekat kucing. Pegang gunting kuku di dekat cakar dan pijat cakarnya dengan lembut, lalu potong mie sampai mengeluarkan suara retak untuk membiasakan mereka.

 

4. Jangan potong terlalu dalam

Jangan potong kuku kucing terlalu dalam. Karena di bagian cakar ini juga terdapat saraf dan pembuluh ditemukan, jadi jika memotong terlalu dalam bisa menyebabkan pendarahan atau kucing merasa tidak nyaman.

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memotong kuku kucing. Oh iya, idealnya kita bisa memotong kuku kucing ini setidaknya dua minggu sekali. Nah, kalau kita masih merasa kesulitan untuk memotong kuku kucing, sebaiknya bawa mereka ke groomer atau dokter hewan untuk meminta saran.

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

153
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.