TANAMAN

Tips Memindahkan Tanaman ke Pot yang Baru

Baca dulu beberapa tips berikut ini jika ingin memindahkan tanaman ke pot yang baru.

Salah satu hal terpenting yang perlu diingat tentang merawat tanaman adalah sebagian besar tanaman perlu dipindahkan ke pot baru yang lebih besar dari waktu ke waktu. Memindahkan tanaman ke pot yang baru (repotting) penting untuk merawat tanaman yang sudah tumbuh semakin besar. 

 

Namun, tidak sedikit orang yang merawat tanaman masih kurang memahami cara tepat memindahkan tanaman ke pot yang baru. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang perlu diketahui saat memindahkan tanaman ke pot yang baru. 

 

1. Siapkan media tanam yang sesuai

Ketika kita akan memindahkan ke pot baru yang lebih besar, pastikan kita juga menyiapkan media tanam yang sesuai dengan besarnya pot baru. Perlu diingat bahwa semakin besar wadahnya, semakin banyak tanah atau media tanam yang kita butuhkan dan sebaiknya kita menggunakan media tanam yang baru.

 

2. Siram tanaman sebelum memindahkannya ke pot baru 

Sebelum memindahkan tanaman ke pot yang baru, kondisi tanaman harus optimal. Salah satu cara mencapainya adalah dengan menyiram tanaman yang akan kita pindahkan ke pot yang baru. Oh ya, usahakan air yang disiram harus mencapai dasar pot. 

 

3. Pot baru yang akan digunakan harus lebih besar 

Ketika ingin memindahkan tanaman ke pot baru, pastikan ukuran pot baru setidaknya dua kali lipat lebih besar dari pot yang sebelumnya. Ini akan memastikan bahwa akar tanaman dapat tumbuh dengan bebas. Jangan berhemat pada ukuran pot karena tanaman pada akhirnya akan tumbuh lebih besar. 

 

4. Saat mengeluarkan tanaman, balikkan pot 

Untuk memindahkan tanaman dengan cara terbaik, pegang tanaman yang hendak dikeluarkan dari pot lama dengan satu tangan, balikkan pot, dan ketuk perlahan agar tanaman dapat keluar sepenuhnya. Jika akar tanaman sudah menyatu dengan pot, kita mungkin perlu memecahkan pot untuk mengeluarkannya. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan kacamata pelindung jika harus memecahkan pot.

 

5. Pindahkan ke pot baru 

Saat akan memindahkan, buat lubang di tengah media tanam dan tempatkan akar tanaman di dalamnya. Mulailah menekan tanah atau media tanam, sehingga sangat padat. Jika perlu, tambahkan lebih banyak media tanam agar tanaman dapat berakar dengan baik. Langkah selanjutnya adalah menambahkan air agar tanaman memiliki cukup cairan dan nyaman di tempat barunya. 

 

 

Itu dia beberapa tips repotting alias memindahkan tanaman ke pot baru yang lebih besar. Setelah semua dilakukan, jangan lupa untuk menempatkan pot beserta tanaman ke spot yang cukup mendapat cahaya matahari. Pastinya, sesuaikan ini dengan kebutuhan tanaman tersebut. Tambahkan juga pupuk jika dibutuhkan. Selamat mencoba! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

62
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.