LAINNYA

Tips Memilih Negara Tujuan Kuliah Luar Negeri

Ingin kuliah keluar negeri? Baca dulu di sini tips memilih negara tujuan kuliah luar negeri.

Bisa melanjutkan studi keluar negeri tentu idaman banyak orang. Tentunya ini bukan hal yang mustahil untuk dilakukan saat ini. Apalagi dengan berbagai program beasiswa yang banyak tersedia saat ini, termasuk dari pemerintah. 

 

Nah, kalau Teman KelasKita punya cita-cita kuliah di luar negeri, selain memikirkan masalah biaya pendidikan, ada salah satu hal lain yang wajib dipertimbangkan, yakni negara tujuan program beasiswa yang akan diikuti. 

 

Dilansir dari akun Instagram Direktorat Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, berikut ini adalah beberapatips yang bisa kita lakukan untuk memilih negara tujuan kuliah di luar negeri. 

 

1. Sesuaikan dengan bidang ilmu yang ingin kita pelajari

Setiap negara biasanya memiliki reputasi keilmuan masing-masing. Misalnya Jerman untuk rujukan ilmu teknologi. Sedangkan negara Prancis atau Italia jadi rujukan untuk belajar tentang fesyen desain dan sebagainya. 

 

2. Biaya hidup 

Selain masalah biaya pendidikan, biaya hidup selama menempuh studi di luar negeri juga harus jadi pertimbangan utama. Apalagi jika beasiswa yang diberikan tidak mencakup biaya hidup selama kuliah atau kita membawa keluarga turut serta ke sana.

 

3. Kemudahan mengurus Visa 

Pilihlah negara yang relatif lebih mudah untuk pengurusan visa. Beberapa negara jika sudah berhasil memperoleh beasiswa, maka bisa lebih mudah mendapatkan Visa karena jaminan finansial yang lebih jelas. 

 

4. Bahasa 

Pertimbangan bahasa menyangkut bahasa pengantar perkuliahan maupun bahasa sehari-hari masyarakat setempat. Terutama di negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Tentu ini akan membutuhkan proses untuk bisa menyesuaikan diri. 

 

5. Cocok untuk keluarga

Pertimbangan ini terutama bagi yang sudah berkeluarga dan ingin membawa keluarga selama menempuh pendidikan di luar negeri dengan beasiswa tertentu. Misalnya apakah negara tersebut memiliki kebijakan pendidikan gratis untuk anak. 

 

Itu dia beberapa tips memilih negara sebagai tujuan beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa Teman KelasKita lakukan jika ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Selamat mencoba!

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

84
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.