HEWAN PELIHARAAN

5 Tips Memilih Makanan Kucing

Ini dia tips memilih makanan kucing yang sehat dan bernutrisi.

Sama seperti kita manusia, hewan peliharaan seperti kucing pun harus memiliki asupan makanan yang baik. Buat yang baru pertama kali memelihara kucing, memilih makanan kucing yang sehat dan bernutrisi mungkin gampang-gampang susah. Nah, berikut ini ada beberapa tips memilih makanan kucing yang tepat. Disimak ya, Teman Kelaskita.

 

1. Sesuaikan dengan ras kucing

Pilihlah makanan kucing sesuai ras kucing yang dipelihara. Makanan kucing yang tersedia di pasaran biasanya sudah menyediakan makanan sesuai jenis ras kucing. Yang perlu kita perhatikan juga, sebagian kucing ada yang cocok dengan makanan jenis kering maupun basah. Pastikan karakteristik kucing tepat dengan makanan yang akan dikonsumsinya.

 

2. Memperhatikan kandungan nutrisi

Sebelum membeli makanan kucing, pastikan terlebih dahulu kandungan nutrisi yang tercantum pada kemasan. Nutrisi yang harus dipenuhi oleh seekor kucing adalah makanan yang mengandung protein, vitamin, mineral, ion, asam lemak, serat, karbohidrat, asam amino, dan energi. Kandungan ini penting tumbuh kembang kucing agar sehat dan berumur panjang.

 

3. Makanan kering lebih praktis

Ada dua jenis makanan kucing, yakni makanan kering dan makanan basah. Selain praktis dan mudah disimpan, makanan kucing kering lebih tahan lama dan memiliki harga yang lebih terjangkau. Makanan kering untuk kucing ini juga dapat melatih gigi untuk tetap kuat dan menghindarkan gigi kucing menyisakan kotoran. 

 

4. Perhatikan alergi

Beberapa kucing juga memiliki alergi makanan. Jadi, perhatikan juga makanan yang kita berikan, apakah memicu alergi atau tidak. Periksakan kucing ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut terhadap alergi yang diderita kucing.

 

5. Hindari makanan berpengawet

Hindari penggunaan makanan kucing yang memiliki bahan pengawet seperti butylated hydroxyanisole (BHA), butylated hydroxytoluene (BHT), propil galat, propilen glikol, serta etoksiokin. Bahan pengawet ini bisamenyebabkan masalah serius pada kucing dalam jangka waktu yang panjang. Salah satu efeknya dapat menyebabkan kanker.

 

 

Itu dia beberapa tips memilih makanan kucing yang sehat dan bernutrisi yang bisa kamu terapkan. Yang pasti, pilihlah makanan kucing berkualitas baik agar kucing kesayangan kita hidup sehat dan berumur panjang. (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

166
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.