AKTIVITAS OUTDOOR

Tips Memilih Alat Pancing untuk Pemula

Jangan cuma gengsi, perhatikan ini saat ingin membeli peralatan pancing untuk pertama kali.

Mancing ikan merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan. Tidak heran, banyak banget orang yang hobi memancing ikan, baik di kolam, sungai, danau, hingga laut. 

 

Nah, untuk Teman Kelaskita yang ingin membeli alat pancing untuk pertama kalinya, berikut tips yang bisa diperhatikan.

 

 

1. Sesuaikan alat dengan lokasi mancing

 

Kita harus menyesuaikan alat pancing yang ingin kita beli dengan lokasi mancing. Karena antara mancing di kolam, sungai, dan laut semua memiliki jenisnya masing-masing. Selain itu, kita juga harus menyesuaikan alat yang kita beli dengan jenis ikan di lokasi tersebut. Lokasi dan jenis ikan ini akan menentukan ukuran dan peralatan pancing yang harus kita gunakan.

 

 

2. Ketahui kebutuhan dasar

 

Bagi pemula ada standar minimal alat pancing yang harus dipunyai, misal joran, reel, senar, kail, pelampung, pemberat, dan lain sebagainya. Berbagai peralatan ini tersedia dalam berbagai jenis dan tipe, dengan harga bervariasi mulai harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk awal, kita bisa mencari tau jenis-jenis peralatan ini via artikel di internet atau youtube.

 

 

3.  Survei harga

 

Selanjutnya survei dulu sebelum membeli di toko-roko peralatan pancing baik online maupun offline. Tidak ada salahnya untuk membandingkan harga di satu tempat dengan tempat yang lain.

 

 

4. Sesuaikan budget

 

Saat akan membeli peralatan mancing, sesuaikan dengan kantong atau budget kita. Semua peralatan ini tersedia dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Pilihlah yang sesuai kemampuan, jangan hanya menuruti gengsi. 

 

 

5. Jangan malu bertanya

 

Jika masih bingung atau ragu-ragu, jangan segan-segan untuk bertanya. Kita bisa bertanya ke teman yang sudah berpengalaman, atau ke toko yang menjual alat pancing. Mereka akan dengan senang hati menjelaskan dan merekomendasikan alat sesuai kebutuhana kita.

 

 

Itu dia beberapa tips membeli peralatan memancing yang bisa kita ikuti. Kalau baru ingin coba mancing untuk pertama kali, Teman Kelaskita bisa saja meminjam dulu ke teman yang sudah biasa memancing. 

 

Ingat, yang terpenting itu menikmati kegiatan memancingnya, bukan peralatan apa yang yang kita gunakan. Selamat memancing! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

256
1
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.